Menuju BWF World Badminton Championships 2014

BWF World Badminton Championships 2014
Internasional ‐ Created by RpN

Induk olahraga bulutangkis dunia BWF telah mengumumkan daftar pemain yang lolos untuk mengikuti kejuaran BWF World Badminton Championships 2014 dalam beberapa tahap. Terakhir, tanggal 30 Juni 2014 lalu, BWF kembali merilis daftar peserta yang berhak mengikuti ajang bergengsi ini yang akan dilangsungkan di Copenhagen, Denmark 25 - 31 Agustus 2014.

Juara bertahan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mengisi tempat teratas daftar di nomor ganda putra. Selain Ahsan/Hendra, ikut lolos pasangan Markis Kido/Gideon Marcus Fernaldi, Ryan Agung Saputra/Angga Pratama serta Berry Angriawan/Ricki Karanda Suwardi yang akan menjadi wakil Indonesia.

Peluang Ahsan/Hendra untuk mempertahankan gelar juara akan mendapat tantangan kuat dari pasangan terbaik negeri ginseng Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Pasangan asal Korea yang sudah beberapa kali mengalahkan Ahsan/Hendra itu juga termasuk dalam daftar pemain yang lolos ke Copenhagen.

Disektor ganda campuran, Indonesia diwakili sang juara bertahan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Selain Owi/Butet, pasangan Markis Kido/Pia Zebadiah, Riky Widianto/Richi Puspita Dili juga akan turut berpartisipasi, sementara pasangan Gideon Marcus Fernaldi/Rizki Amelia Pradipta masih menunggu setelah ditempatkan sebagai cadangan ke-7.

Tommy Sugiarto akan memimpin barisan tunggal putra Indonesia didampingi Sony Dwi Kuncoro. Nama Dionysius Hayom Rumbaka seharusnya turut mengisi daftar pemain wakil merah putih, namun ia tertulis mengundurkan diri. Peluang Indonesia untuk menambah wakilnya masih ada lewat Simon Santoso yang berada di urutan cadangan nomor empat.

Sementara di sektor putri tercatat hanya nama Bellaetrix Manuputty dan Lindaweni Fanetri dari nomor tunggal, Hera Desi dan Aprilia Yuswandari berada di cadangan empat dan lima. Di nomor ganda, Indonesia akan diwakili tiga pasangan yakni Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Pia Zebadiah/Rizki Amelia Pradipta dan Anggia Shitta Awanda/Della Destiara Haris.

Pemain-pemain yang telah lolos masih memungkinkan terjadi perubahan bila ada pemain Indonesia ataupun pemain luar yang menarik diri dari ajang tersebut. Apalagi ajang Kejuaraan Dunia kali ini cukup dekat waktunya dengan ajang yang juga bergengsi lainnya yakni Asian Games yang akan berlangsung di Incheon, Korea tanggal 10-29 September 2014.