(New Zealand Open) Jonatan Juga Melaju ke Final

Selebrasi Jonatan Christie (Indonesia).
Selebrasi Jonatan Christie (Indonesia). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Setelah Pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Indonesia kembali berhasil mengirimkan satu wakilnya ke babak final New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300 melalui Jonatan Christie. Tunggal putra Indonesia unggulan ketiga ini sukses melaju ke partai puncak usai mengalahkan wakil Jepang, Kanta Tsuneyama dengan skor 21-12 dan 21-15, pada pertandingan yang berlangsung di Eventfinda Stadium Auckland, Selandia Baru, Sabtu (4/5).

Peraih medali emas Asian Games 2018 ini tampil begitu meyakinkan saat menghadapi Tsuneyama. Keberhasil ini sekaligus memperpanjang rekor kemenangan Jonatan atas Tsuneyama menjadi 3-0. Sebelumnya, Jonatan juga berhasil memetik kemenangan dua game langsung atas Tsuneyama di ajang Korea Open 2018 BWF World Tour Super 500. Kala itu, Jonatan menang dengan skor 21-18 dan 21-16.

Berhasil lolos ke babak final New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300, perjuangan Jonatan masih belum berakhir. Ia harus berhadapan dengan tunggal putra Hong Kong, Ng Ka Long Angus di laga pamungkas. Jonatan punya catatan kurang menyenangkan saat berjumpa Ng. Dari total enam pertemuan sebelumnya, Jonatan harus menelan empat kali kekalahan secara beruntun atas Ng.

Ng memang kerap menjadi batu sandungan bagi Jonatan. Terbukti pada kejuaraan China Open 2018 BWF World Tour Super 1000 lalu, Jonatan kalah dalam pertarungan dua game dengan skor 18-21 dan 16-21. Ng Ka Long Angus sendiri tentunya tengah percaya diri lewat kemenangan 21-13 dan 21-11 atas legenda hidup bulutangkis dunia asal Tiongkok, Lin Dan di babak semifinal, Sabtu (4/5).

Meski begitu, partai final tunggal putra New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300 ini patut untuk disimak. Bagaimana pun, Jonatan masih punya peluang untuk bisa mencuri gelar di kejuaraan yang memperebutkan total hadiah sebesar 150 ribu Dollar AS ini, mengingat penampilannya juga cukup apik di sepanjang turnamen ini.