Orléans Masters 2022 - Kakak Beradik Stoeva Back-to-back, Popov Berjaya di Kandang

Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (Tangkapan Layar Fédération Française Badminton)
Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (Tangkapan Layar Fédération Française Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva naik ke podium teratas Orléans Masters 2022, sekaligus mencatatkan gelar juara kedua bagi kakak beradik asal Bulgaria ini dalam dua pekan terakhir, setelah menjadi kampiun Swiss Open 2022. Pemain tunggal Toma Junior Popov mengangkat trofi turnamen berlevel BWF World Tour Super 100 ini di hadapan publik tuan rumah.

Bertanding di Palais des Sports, Orléans, Prancis, Minggu (3/4), Popov --unggulan keempat turnamen-- bermain selama 50 menit sebelum menyudahi perlawanan Mithun Manjunath dari India. Popov menang straight games 21-11 21-19.

Sementara, Stoeva bersaudara yang merupakan unggulan teratas turnamen, memerlukan waktu sekitar 47 menit untuk mengalahkan ganda putri Jerman, Stine Kuespert/Emma Moszczynski, dengan skor 21-15 21-14.

Pekan lalu, Gabriela dan Stefani akhirnya kesampaian juga meraih gelar juara Swiss Open, setelah menempati posisi runner-up pada 2017, 2018, dan 2021. Keduanya berdiri di podium teratas turnamen level BWF World Tour Super 300 itu, setelah menang atas pasangan Jerman, Linda Efler/Isabel Lohau, dengan skor 21-14, 21-12.

Dengan kemenangan di Swiss dan Prancis, kakak beradik Stoeva sukses meraih titel juara dalam dua pekan berturut-turut dan kedua kemenangan di laga final tersebut atas dua pasangan Jerman yang berbeda.

Pada sektor ganda campuran, wakil Singapura yang juga unggulan kedelapan turnamen, Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han, keluar sebagai juara usai menundukkan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Laga ini harus melalui rubber game 21-12, 16-21, 21-13 dalam tempo 50 menit.

Indonesia akhirnya memiliki juara untuk kali pertama di turnamen bulu tangkis Orléans Masters, setelah Putri Kusuma Wardani mengakhiri perjuangan pemain asal Amerika Serikat, Iris Wang.

Gelar juara Orléans Masters 2022 diraih Putri usai bertarung selama 62 menit melalui tiga gim 7-21, 21-19, 21-18.

Unggulan ketujuh turnamen pada nomor ganda putra, Ruben Jille/Ties van der Lecq menang walkover atas Junaidi Arif/Muhammad Haikal.

Berdasarkan laporan New Strait Times, pasangan Malaysia itu mundur dari laga final ganda campuran Orléans Masters 2022 setelah Haikal terkonfirmasi positif Covid-19.