Pencapaian Leani, Dipuji Presiden Jokowi

Leani Ratri Oktila (Foto: paralympic.org)
Leani Ratri Oktila (Foto: paralympic.org)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Pencapaian luar biasa Leani Ratri Oktila pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020, membuatnya menjadi sorotan. Berbagai pujian pun disematkan kepada wanita berusia 30 itu, mulai dari para pecinta bulutangkis di Tanah Air, hingga Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Berdasarkan klasemen perolehan medali hingga Minggu (5/9/2021) sore WIB, Indonesia berhasil menempati peringkat 43 dengan dua emas, tiga perak, dan empat perunggu. Pencapaian tersebut, tidak terlepas dari performa ciamik seorang Leani yang total menyumbang dua emas dan satu perak bagi Indonesia dari cabang para bulutangkis. Tidak heran jika berbagai pujian disematkan kepadanya, termasuk Presiden Republik Indonesia Jokowi. 

Dalam akun Instagram pribadinya, orang nomor satu Indonesia itu turut bangga atas pencapaian seorang Leani. "Tidak ada yang bisa menghentikan Leani Ratri Oktila mendulang medali untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo. Kemarin, ia mempersembahkan medali emas dari bulutangkis ganda putri. Hari ini, dua medali ia raih di dua final," ujar Presiden Jokowi, seperti yang ditulis CNN Indonesia.

"Medali emas direbutnya dari ganda campuran bersama Hary Susanto. Lalu di pertandingan sebelumnya Leani Ratri Oktila meraih medali perak di tunggal putri. Dengan demikian Leani sudah menyumbang dua medali emas dan satu perak untuk Indonesia," kata Jokowi.

Tidak hanya dari Presiden Jokowi, sejumlah tokoh dan pecinta olahraga tepok bulu di Tanah Air itu juga turut memberikan pujian. Akun Twitter @INABadminton yang diikuti lebih dari 1 juta akun mencuitkan, 

"Terima kasih tim Parabadminton Indonesia atas perjuangan dan pencapaian yang luar biasa di Paralimpiade Tokyo 2020. Sejarah tercipta! Bangga!"

Kak leani ini berarti dapet 2 emas dan 1 perak secara individu?
Keren bgt
Rudy Irwansyah
@Irw75250791Rudy

Diketahui, Leani sukses menyumbang medali emas pertama bagi Indonesia saat berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah pada partai final ganda putri SL3-SU5, Sabtu (4/9/2021), usai menumbangkan wakil China, Cheng He Fang/Ma Hui Hui, 21-18, 21-12.

Tidak kurang dari 24 jam, medali emas kembali diraih Leani saat berpasangan dengan Hary Susanto di ganda campuran SL3-SU5, Minggu (5/9/2021). Kali ini Leani/Hary menumbangkan pasangan Prancis, Lucaz Mazur/Faustine Noel, 23-21, 21-17. Sedangkan medali perak diraih Leani di hari yang sama pada nomor tunggal putri SL4, usai kalah dari Cheng He Fang, 19-21, 21-17, 16-21.