Peringkat Pemain - Aaron/Soh Gusur Fajar/Rian dari Lima Besar Dunia

Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Djarum Badminton)
Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by

Jakarta | Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terlempar dari posisi lima besar ke peringkat keenam dunia Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) setelah tersalip pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Dalam daftar peringkat terbaru BWF untuk pekan ke-35, Selasa (30/8), Aaron/Soh naik satu peringkat setelah memenangi Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo, bertukar tempat dengan Fajar/Rian yang harus puas dengan medali perunggu.

Peringkat teratas ganda putra masih dipegang Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon alias "Minions", meski keduanya harus tersingkir pada babak 16 besar Kejuaraan Dunia 2022. Posisi "Minions" dibayangi pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang terpaut hanya 1000 poin.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga tak tergeser di posisi ketiga meski menjadi runner-up Kejuaraan Dunia 2022.

Namun, seperti dilaporkan Antara, para Juara Dunia 2022 pada sektor lain justru mengalami nasib berbeda. Semisal, tunggal putri Jepang Akane Yamaguchi yang menjadi juara dunia di Tokyo, malah harus turun peringkat ke posisi kedua setelah tergeser oleh wakil Taiwan, Tai Tzu Ying, yang pada Kejuaraan Dunia 2022 terhenti pada babak empat besar.

Nasib serupa juga dialami ganda campuran China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, yang tetap bertahan di peringkat kedua BWF meski baru saja menjadi Juara Dunia 2022. Sedangkan posisi pertama masih dihuni pasangan Thailand, Dechapol Puvaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Pada sektor tunggal putra masih dirajai pebulu tangkis Denmark Viktor Axelsen. Kemenangan Axelsen di Tokyo membawanya makin kokoh di posisi teratas dengan selisih hampir 12.000 poin dari tunggal putra peringkat kedua Kento Momota.

Kenaikan peringkat dialami wakil Indonesia Anthony Sinisuka Ginting yang masuk ke lima besar dunia, meski kalah pada perempat final Kejuaraan Dunia 2022 oleh Axelsen. Sementara, Jonatan Christie turun ke peringkat delapan setelah tergeser oleh wakil Singapura, Loh Kean Yew.