Peringkat Pemain - Axelsen Tak Tergoyahkan, Rajawat Meningkat Cepat

Priyanshu Rajawat (Djarum Badminton)
Priyanshu Rajawat (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Performa Viktor Axelsen pada perempat pertama musim kompetisi 2023 terbilang tak semoncer dua musim sebelumnya. Namun, pebulu tangkis Denmark itu tetap bertengger di puncak peringkat dunia tunggal putra pada pekan ke-123, jauh tinggi di atas para pesaingnya. Sementara, juara tunggal putra Orléans Masters 2023 asal India, Priyanshu Rajawat, naik 20 posisi ke peringkat 38, di bawah tiga rekan senegaranya, HS Prannoy (9), Kidambi Srikanth (23), dan Lakshya Sen (24).

Axelsen mencapai peringkat pertama dunia sejak naik podium teratas Kejuaraan Dunia pada 2017. Ia sempat tergelincir hingga posisi ketujuh, tapi berhasil merangkak naik dan kembali ke posisi pertama pada Desember 2021. Hingga kini, Axelsen telah meraup 108.206 poin atau 30.000 poin unggul di atas Anthony Sinisuka Ginting, yang mencapai peringkat dunia tertingginya pada posisi kedua pada pekan ini. Anthony "bertukar posisi" dengan rekan senegaranya, Jonatan Christie.

Sementara, dominasi ganda campuran Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong terus berlanjut. Pasangan China tersebut telah memasuki pekan ke-157 di puncak peringkat dunia. "Status peringkat teratas mereka dimulai pada Desember 2022. Namun, pertama kali mereka berada di puncak peringkat pada Agustus 2018 selama 129 pekan berturut-turut," tulis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), melalui lamannya.

BWF juga mencatat, rekan senegara Zheng/Huang, Huang Dong Ping, masuk ke jajaran 10 teratas peringkat dunia pada nomor ganda campuran, dengan dua partner yang berbeda. Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 pernah menembus peringkat tiga dunia bersama Wang Li Lyu. Kini, ia bersama Feng Yan Zhe menempati posisi ketujuh.

Ganda campuran Indonesia Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati naik tiga posisi ke peringkat 11, sekaligus mencatatkan peringkat dunia tertinggi mereka.

Juara Orléans Masters 2023 lainnya, Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto, naik delapan posisi ke peringkat 25 dunia. Miyaura/Sakuramoto berada di bawah lima ganda putri Jepang lainnya, yang di antaranya bercokol di 10 teratas, yaitu Nami Matsuyama/Chiharu Shida (2), Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (6), dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (9).