Piala Sudirman 2023 - Indonesia Gagal Lagi

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia tersisih pada perempat final Piala Sudirman 2023. Pada partai ketiga antara Indonesia dan juara bertahan China di Suzhou Olympic Sports Centre, Suzhou, China, Jumat (19/5) malam waktu setempat, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung kalah 20-22 12-21 dari peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Chen Yu Fei. China akan bertemu Jepang pada babak empat besar kejuaraan dunia bulu tangkis beregu campuran ini, Sabtu (20/5).

"Saya minta maaf tidak bisa menyumbangkan poin bagi Indonesia," ucap Gregoria usai pertandingan, melalui keterangan Humas PP PBSI.

Pada partai pembuka, pasangan anyar Rinov Rivaldy/Gloria Emanuelle Widjaja kalah dari Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Meski perlawanan Rinov/Gloria cukup merepotkan pasangan nomor satu dunia itu, mereka kalah 21-13, 21-23, 11-21 setelah berjuang selama 61 menit.

Kekalahan kedua skuad "Merah Putih" dialami tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. Juara Badminton Asia Championship 2022 belum mampu meredam perlawanan tunggal putra andalan tuan rumah itu. Ia kalah dua gim langsung 20-22, 14-21 dari Shi dalam pertandingan berdurasi 49 menit.

Sebagaimana diwartakan Kompas pada Jumat (19/5), tebing terjal mengadang perjalanan tim Piala Sudirman Indonesia untuk membawa pulang trofi kejuaraan dunia bulu tangkis beregu campuran itu ke Tanah Air. China adalah lawan berat lantaran memiliki pemain berkualitas merata di semua nomor.

Media harian tersebut juga menyebutkan, sejak digelar pada 1989, Indonesia hanya pernah menjuarai ajang dua tahunan ini pada penyelenggaraan perdana di Senayan, Jakarta. Seusai itu, Piala Sudirman lebih sering menjadi milik China.

Perjalanan tim Indonesia pada Piala Sudirman 2023 dimulai dengan kemenangan telak 5-0 atas Kanada dan 4-1 atas Jerman pada fase penyisihan grup. Skuad "Merah Putih" keluar sebagai runner-up Grup B, setelah pada partai terakhir kalah 2-3 dari Thailand.