Piala Thomas 2020 - Jojo: Semoga Jadi Titik Balik

Jonatan Christie (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Jonatan Christie (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie tampil maksimal saat melawan Wang Tzu Wei di partai ketiga penyisihan Grup A Piala Thomas 2020. Bertarung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu (13/10), Jojo --sapaan karib Jonatan-- sukses menekuk atlet bulu tangkis Taiwan tersebut dengan skor 21-17, 21-13 dalam tempo 50 menit.

Dengan sumbangan angka peraih emas Asian Games 2018 tersebut, Indonesia pun memimpin 2-1 atas Taiwan. Sebelum bertanding di arena berkapasitas 5.000 kursi ini, rekor pertemuan antara Jojo dan Wang adalah 3-6. Jojo menang pada pertemuan terakhir keduanya di turnamen Indonesia Masters 2020.

"Semoga poin yang saya sumbangkan ini dan juga dari Ginting tadi bisa mengantarkan Indonesia menang atas Taiwan. Tadi Fajar/Rian juga sudah bermain bagus dan nyaris menang. Harapanya, kemenangan ini bisa menambah semangat teman-teman untuk bermain bagus dan mengantarkan Indonesia menang atas Taiwan," tutur Jojo, melalui siaran pers tim Humas dan Media PP PBSI.

Mengawali gim pertama, Jojo bermain jauh lebih baik. Ia berhasil menerapkan pola permainan terbaik yang diinginkannya. Semua permainannya "keluar". Jojo juga lebih nyaman bertarung. Gim pertama pun diselesaikan oleh peringkat tujuh dunia itu dengan skor 21-17.

Di gim kedua, perolehan angka demikian seret. Sempat terjadi kejar-kejaran angka. Skor pun bergerak imbang hingga 6-6, sebelum akhirnya permainan menyerang Jojo bisa menambah angka hingga 8-6. Smes dua kali ke sisi kiri Wang, yang berada di peringkat 11 dunia, menambah poin jadi 11-7.

Setelah itu, Jojo terus melaju. Kesalahan demi kesalahan lawan akibat tekanan Jojo, mengantarkan tunggal kedua Indonesia ini menang 21-13 setelah pengembalian Wang melebar. "Dari pertandingan ini, bukan saja soal kemenangan yang bisa saya raih. Tetapi juga kemenangan ini bisa membangkitkan rasa percaya diri saya yang sempat menghilang," ungkap Jojo.

"Ini juga bisa menjadi tambahan motivasi saya setelah sering kalah. Semoga bisa menjadi titik balik bagi saya untuk tampil lebih baik. Selain itu, kemenangan ini juga menjadi penting untuk ikut menyumbang angka bagi tim Indonesia," Jojo, menjelaskan.

Pelatih tunggal putra Irwansyah mengemukakan, kemenangan Jojo ini begitu penting. Satu hal yang disorotinya adalah bangkitnya rasa kepercayaan diri Jojo. "Selama Jojo nyaman dan percaya dirinya makin besar, dia bisa bermain bagus dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik di lapangan," ujarnya.