Saatnya Fajar/Rian Menjadi Andalan

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Salah satu pasangan yang bakal mendapat tanggung jawab besar di ajang Piala Thomas adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Tanggung jawab itu, menurut pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi, dibebankan pada Fajar/Rian karena Kevin Sanjaya Sukamuljo tidak berada dalam kondisi bugar akibat cedera bahu yang sudah lama dialaminya.

PP PBSI diperkirakan bakal menurunkan Fajar/Rian seandainya Kevin dan pasangannya, Marcus Fernaldi Gideon, tak siap bermain. Dalam kejuaraan beregu seperti Piala Sudirman atau Piala Thomas-Uber, pemain-pemain yang diturunkan adalah mereka yang benar-benar siap tempur pada hari pertandingan. "Saatnya Fajar/Rian menjadi andalan," kata Herry," dikutip dari pemberitaan Kompas pada Selasa (21/9).

"Fajar/Rian memiliki persiapan paling maksimal, karena tidak bertanding di Olimpiade. Persiapan mereka lebih lama dibandingkan Kevin/Marcus dan Hendra/Ahsan," Herry, menambahkan.

Sebelumnya diwartakan, sudah langsung menjalani program latihan di pelatnas Cipayung sepulangnya dari Olimpiade Tokyo 2020. Keduanya sempat mengikuti kontingen Indonesia ke Negeri Sakura tersebut, untuk menjadi lawan latih bagi "Minions" dan "The Daddies" yang berlaga di Tokyo 2020.

Sejak pekan lalu, seperti dilaporkan Antara, program latihan fisik menjadi porsi utama Fajar/Rian dalam fase latihan tim Piala Sudirman. "Persiapan kemarin setelah pulang dari Olimpiade sudah banyak latihan beban, penguatan tangan. Untuk fisik, juga sudah banyak porsi latihannya. Secara keseluruhan sudah siap," kata Rian.

Ganda putra selalu menjadi nomor yang diandalkan untuk menyumbangkan kemenangan bagi tim Indonesia dalam Piala Thomas. Selain Kevin/Marcus, Hendra/Ahsan, dan Fajar/Rian, untuk kejuaraan beregu tersebut Indonesia juga memiliki pasangan pemain muda, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Keduanya adalah juara dunia yunior ganda putra dan masing-masing masih berusia 20 tahun.