SEA Games 2023 - Indonesia Pastikan Dua Medali Emas

Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose (Humas PP PBSI)
Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Phnom Penh | Indonesia dipastikan meraih dua medali emas SEA Games 2023 Kamboja melalui cabang olahraga bulu tangkis setelah terjadi final sesama atlet Indonesia di nomor perorangan tunggal putra dan ganda putri. Dalam semifinal, Senin (15/5), di Hall Badminton Morodok Stadium, Phnom Penh, Christian Adinata dan Chico Aura Dwi Wardoyo serta Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahya Pratiwi dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose sukses mengalahkan lawan masing-masing.

Antara melaporkan, penampilan gemilang ditunjukkan Christian yang dengan meyakinkan mengalahkan tunggal tangguh Malaysia Leong Jun Hao lewat permainan dua gim 21-19, 21-12. Leong Jun ini adalah pemain yang membuat tunggal utama Indonesia Chico tidak berkutik ketika bertarung di tunggal pertama nomor beregu.

Pertandingan antara Christian dan Leong Jun berlangsung ketat pada gim pertama. Namun, di poin-poin akhir, pemain Indonesia bermain lebih tenang sehingga bisa unggul 21-19. Pada gim kedua, Christian tampil lebih percaya diri sehingga bisa mengontrol permainan dan memenangi laga lebih mudah dengan skor 21-12.

Jejak Christian diikuti Chico yang mengalahkan sesama pemain Malaysia Lee Shun Yang dengan skor 21-15, 21-18.

Di ganda putri Ana/Tiwi dan Trias/Rachel di semifinal juga sama-sama mengalahkan wakil dari Malaysia.

Ana/Tiwi menang atas Lee Xin Zie/Low Lin Yuan dengan skor 21-9, 21-9. Sedangkan Meilysa/Rachel mengatasi perlawanan Chen Su Hui/Cheng Su Yin 21-10, 21-17.

Selain dua partai "all-Indonesian finals" tersebut, Indonesia juga menempatkan satu wakil masing-masing pada nomor ganda campuran dan ganda putra.

Di nomor ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati mampu mengatasi pasangan Thailand, Ratchapol Makkasasithorn/Chasinee Korepap dalam pertarungan tiga gim dengan skor 19-21, 21-18, 21-19.

Sementara di ganda putra, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan melangkah ke final setelah menghentikan ganda Singapura Nge Joo Jie/Johann Prajogo dengan skor 21-16, 21-18.

Final nomor perorangan dijadwalkan berlangsung pada pukul 13:00, Selasa (16/5).