(SEA Games) Hadapi Malaysia, Indonesia Turunkan Kekuatan Terbaik

Ekspresi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia).
Ekspresi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Menghadapi Malaysia di babak final SEA Games 2019 Filipina, tim beregu putra Indonesia akan menurunkan kekuatan terbaik demi meraih hasil maksimal pada ajang multievent dua tahunan ini. Partai final beregu putra akan berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Rabu (4/12) mulai pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 09.00 waktu Indonesia bagian barat.

Dari sektor ganda pertama, Indonesia memberikan kepercayaan kepada pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf di ganda kedua. Wahyu/Ade akan turun di partai keempat dan berhadapan dengan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Sementara Fajar/Rian bakal tampil pada partai kedua dengan melawan Aaron Chia Teng Fong/Soh Wooi Yik.

Meski dalam tiga catatan pertemuan terakhir Fajar/Rian belum sekalipun merebut kemenangan atas Aaron/Soh, namun ganda putra peringkat lima dunia ini mengaku tak gentar dan siap untuk tampil maksimal demi menyumbangkan poin untuk Indonesia.

“Secara head to head kita kalah dari ganda pertama Malaysia. Tapi ini pertandingan beregu apapun bisa terjadi. Yang pasti kita harus tetap fokus dan mentalnya harus disiapkan lagi. Kita tidak mau terbeban, tapi malah semakin termotivasi di pertandingan ini untuk memberikan yang terbaik buat negara,” kata Fajar Alfian.

“Kita lebih mempersiapkan ke mental dan fokusnya. Karena di sini lapangan agak angin, jadi harus benar-benar fokus dan jangan gampang mati sendiri,” sambung Muhammad Rian Ardianto menambahkan.

Sementara itu, Jonatan Christie yang akan turun di partai pembuka akan bentrok dengan Lee Zii Jia. Dari rekor pertemuannya, Jonatan punya catatan manis dengan raihan empat kemenangan tanpa terkalahkan. “Lawan Malaysia pasti akan ketat. Karena tunggal pertama dan kedua mereka bagus. Ganda putranya juga bagus, jadi kita harus waspada. Tetap optimistis tapi nggak boleh lengah,” kata Jonatan Christie.

Selain Jonatan, sektor tunggal putra Indonesia bakal diperkuat Anthony Sinisuka Ginting dan Shesar Hiren Rhustavito. Anthony diharapkan bisa mendulang poin untuk Indonesia, dengan mengalahkan Soong Joo Ven saat turun di partai ketiga. Sedangkan Shesar akan melawan Lim Chong King pada partai pamungkas.

 

Susunan Pemain Final SEA Games 2019 Filipina, Indonesia vs Malaysia:

  • Tunggal Putra 1: Jonatan Christie vs Lee Zii Jia
  • Ganda Putra 1: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Aaron Chia Teng Fong/Soh Wooi Yik
  • Tunggal Putra 2: Anthony Sinisuka Ginting vs Soong Joo Ven
  • Ganda Putra 2: Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi
  • Tunggal Putra 3: hesar Hiren Rhustavito vs Lim Chong King