Sho Sasaki Kandaskan Hayom di Babak Dua All England SSP

Internasional ‐ Created by PBSI / EP

Dionysius Hayom Rumbaka harus mengakhiri langkahnya di Yonex All England Open 2015, Kamis (5/3). Berhadapan dengan Sho Sasaki, di babak dua, Hayom kalah rubber game, 21-18, 14-21 dan 18-21, dalam waktu 66 menit. Dengan demikian Indonesia tak lagi memiliki wakil di sektor tunggal putra.

Hari ini saya main sudah semaksimal yang saya bisa. Kami di lapangan sama-sama ngadu. Tapi mungkin lawan lebih kuat,” kata Hayom usai bertanding.

Di game pertama, Hayom sempat tertinggal 6-11 dari pemain Jepang tersebut. Namun tak tinggal diam, Hayom terus mengejar ketertinggalannya. Menyentuh angka 18 sama, Hayom berbalik mengunci langkah Sho dan akhirnya menang 21-18.

Hayom kembali harus tertinggal di game kedua. Sayang kali ini Hayom tak berhasil mengejar angka untuk menggenapkan kemenangannya. Hayom kalah 14-21.

Game pamungkas dimainkan, Hayom rupanya belum mampu keluar dari tekanan lawan. Beberapa kali mengadu bola di depan net, keunggulan justru berpihak pada lawannya.

Poin kami sebenarnya mepet terus. Tapi hari ini dia main lebih baik dari saya. Sho penguasaan depannya bagus. Kalau saya adu bola-bola depan, dia masih lebih unggul. Saya banyak buang poin di sana,” kata Hayom lagi.

Meski tak puas dengan hasil hari ini, Hayom mengaku ada banyak peningkatan pada permainannya di lapangan. “Kalau dibilang puas sih belum ya, tapi saya merasa ada peningkatan dalam permainan. Ini adalah hasil latihan saya selama ini, kedepannya berarti saya harus menambah poin-poin yang kurang dari saya,” ungkap Hayom.

Hasil ini menambah keunggulan Sho atas Hayom dalam rekor pertemuan keduanya. Sebelumnya Sho dan Hayom sama kuat dengan masing-masing dua kali menang dari empat pertemuan. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Djarum Indonesia Open 2012. Saat itu Hayom menang 11-21, 21-17 dan 24-22.

Indonesia sebelumnya mengirimkan tiga wakil pada turnamen ini. Namun ketiga pemain tersebut justru harus saling berhadapan lebih awal. Simon Santoso tersingkir dari babak final kualifikasi usai kalah dari Hayom. Sementara Tommy Sugiarto kalah di babak pertama, juga dari Hayom.

sumber : badmintonindonesia.org