Sudah Berjuang, Anthony Harus Rela Kehilangan Tiket Final Olimpiade

Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) menghadang serangan. (Foto: BADMINTONPHOTO - Shi Tang)
Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) menghadang serangan. (Foto: BADMINTONPHOTO - Shi Tang)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting belum bisa melangkah ke partai puncak Olimpiade Tokyo 2020. Anthony harus rela kehilangan tiket ke final setelah dipaksa menyerah 16-21 dan 11-21 dari juara bertahan, Chen Long pada pertandingan yang berlangsung di Mushashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Minggu (1/8). Meski kecewa karena harus terhenti di babak semifinal, Anthony ingin segera bangkit dan fokus pada pertandingan perebutan medali perunggu.

“Saya merasa kecewa karena tidak mudah untuk sampai ke tahap ini, semifinal Olimpiade. Tetapi itulah adanya. Akan ada yang menang dan kalah, tapi saya harus cepat bangkit dan move on, karena saya masih memiliki satu pertandingan lagi. Saya mau fokus untuk besok, harapan saya bisa meraih medali perunggu,” tutur Anthony Sinisuka Ginting.

Meski unggul dalam catatan head to head dan menang atas Chen Long pada dua pertemuan sebelumnya, Anthony mengatakan bahwa tunggal putra Tiongkok itu memiliki gaya permainan yang berbeda jika dibandingan dengan duel terakhir mereka di ajang BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou.

“Saya pikir Chen Long bermain berbeda hari ini dari pertemuan kami sebelumnya. Dia mencoba untuk tidak mengangkat shuttlecock terlalu banyak, itu yang membuat dia bisa mengontrol sepanjang pertandingan. Dia juga sudah siap dengan permainan saya dan dia tidak membuat banyak kesalahan. Dia sangat fokus,” jelasnya.

Meski belum berhasil lolos ke final, Anthony masih berpeluang sumbang medali perunggu untuk Indonesia. Besok (2/8), dia akan berhadapan dengan wakil Guatemala, Kevin Cordon untuk memperebutkan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

“Medali perunggu akan sangat berarti bagi saya. Ini adalah Olimpiade pertama saya dan saya sudah berusaha sangat keras untuk sampai ke tahap ini. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan jadi saya tidak ingin melewatkan kesempatan ini,” katanya.

“Sekarang saya akan recovery dulu, persiapan untuk besok. Harus tetap fokus karena Cordon adalah pemain yang sangat berpengalaman dan ia juga bermain luar biasa di Olimpiade ini,” tandasnya.