Swiss Open 2022 - Jorji Mundur?

Gregoria Mariska Tunjung (Djarum Badminton)
Gregoria Mariska Tunjung (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia dipastikan tanpa diperkuat satu pun wakil pada sektor ganda putri di Swiss Open 2022 yang mulai berlangsung pada Selasa (22/3). Besar kemungkinan, hal serupa terjadi pada sektor tunggal putri setelah hilangnya nama Gregoria Mariska Tunjung pada jadwal tanding yang terpampang di laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Hingga Selasa (22/3) pagi WIB, belum ada keterangan resmi dari PP PBSI maupun BWF terkait status Gregoria di turnamen berlevel BWF Super World Tour 300 ini.

Selain Jorji --sapaan akrab tunggal putri nomor satu Indonesia ini--, tiga pemain tunggal putri China juga tidak ada dalam jadwal tanding hari pembuka turnamen. Mereka adalah He Bing Jiao --pemain berperingkat 9 dunia--, Wang Zhi Yi (17), Han Yue (28).

Begitu pula dengan dua pebulu tangkis Eropa, yakni Mia Buchfeldt asal Jerman dan Maria Ulitina (Ukraina).

Berdasarkan hasil undian turnamen dari turnamen yang berlangsung pada 22-27 Maret ini, Jorji bertemu Busanan Ongbamrungphan. Namun, kini dalam laman BWF dijadwalkan, pebulu tangkis Thailand itu akan bersua dengan Jordan Hart asal Polandia.

Jika absen dari Swiss Open 2022, maka All England 2022 menjadi satu-satunya turnamen dalam rangkaian tur Eropa yang diikuti Jorji pada awal tahun ini. Di turnamen yang digelar di Utilita Arena Birmingham, Inggris tersebut, Jorji kalah dua gim langsung dari An Seyoung (Korea Selatan) dengan skor telak 16-21 4-21.

Sementara, sebanyak enam wakil "Merah Putih" akan berlaga pada hari ini di babak 32 besar Swiss Open 2022. Duel sesama pemain Indonesia juga terjadi di hari pembuka turnamen.

  • Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami vs. Alexander Dunn/Ciara Torrance (Skotlandia)
  • Rehan Naufal Kusharianto/Lisa Ayu Kusumawati vs. Hoo Pang Ron/Cheah Yee See (Malaysia)
  • Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs. Jones Rafly Jansen/Linda Efler (Jerman)
  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs. Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris/3)
  • Adnan Maulana/Mychelle Chrystine vs. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (2)