Swiss Open 2023 - Kekalahan Berulang Pram/Yere dan Vito

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Humas PP PBSI)
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito belum mampu melampaui babak pertama dari dua turnamen di Eropa yang mereka ikuti. Pekan lalu, kedua wakil Indonesia itu tersingkir di babak pertama All England 2023 di Utilita Arena Birmingham, Inggris. Pada pekan ini, kekalahan kembali dialami Pram/Yere dan Vito di babak 32 besar Swiss Open 2023.

Bertanding di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Rabu (22/3), Pram/Yere gagal menghentikan wakil Jepang, Kenya Mitsuhashi/Hiroki Okamura. Ganda putra berperingkat 20 dunia kalah rubber game 26-24, 15-21, 21-17 dari Mitsuhashi/Okamura yang menempati posisi 63 dunia itu. Vito kalah dua gim langsung dari pebulu tangkis Irlandia keturunan Vietnam, Nhat Nguyen, lewat straight games 19-21, 17-21

Kekalahan pertama Pram/Yere dalam lawatan ke Eropa ini, ketika mereka berhadapan dengan ganda putra senior Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di babak awal All England 2023. Laga sesama pasangan Indonesia itu akhirnya dimenangkan Ahsan/Hendra dengan straight games 25-23, 21-18 dalam tempo 36 menit. Kemudian, Vito takluk di tangan wakil Malaysia, Ng Tze Yong, dengan skor 9-21, 12-21, di babak pertama turnamen level BWF World Tour Super 1000 itu.

Sementara, pada hari pembuka Swiss Open 2023, Selasa (21/3), tiga wakil Indonesia tersingkir dari turnamen bulu tangkis BWF World Tour Super 300 ini. Mereka adalah ganda putri Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose yang gagal melampaui babak kualifikasi, serta Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang tersisih di babak 32 besar.

Hingga berita ini diturunkan, lima wakil "Merah Putih" gugur dari Swiss Open 2023. Sementara, satu dari sembilan sisa wakil Indonesia lainnya yang masih bertarung di babak 32 besar, dipastikan bakal tersisih setelah terciptanya laga sesama ganda campuran Indonesia di babak pertama.