(Swiss Open) Rinov/Phita Tembus Semifinal

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Satu tiket babak semifinal Swiss Open 2019 BWF World Tour Super 300 berhasil diamankan pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lewat kemenangan 19-21, 21-14 dan 21-17 atas unggulan dua asal Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith pada pertandingan yang berlangsung di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Jumat (15/3).

Meski harus kehilangan kemenangan di game pertama, namun tidak menyurutkan semangat Rinov/Phita untuk memetik kemenangan. Pasangan peraih gelar juara dunia junior 2017 ini mampu tampil balik menekan di game kedua. Memasuki game ketiga, kedua pasangan sempat mempertontonkan aksi saling kejar mengejar poin. Beruntung Rinov/Phita bisa tetap memegang kendali permainan.

“Di game kedua kita tetap yakin karena kalahnya nggak jauh di game pertama. Saya banyak buang poin di game pertama, dan di game kedua Rinov mengingatkan saya, yang penting masuk dulu bolanya. Stamina menurun pasti iya, tapi harus mau maksa,” kata Pitha Haningtyas Mentari selepas pertandingan.

Sementara itu, Rinov Rivaldy mengaku sempat kesulitan di awal pertandingan karena faktor shuttlecock. “Tadi kita agak susah menerapkan pola main karena shuttlecock nya berat. Tapi lawan juga tenaganya tidak terlalu kuat, jadi tadi kita tahan-tahanan saja di lapangan. Lawan kita lebih berpengalaman, waktu ketinggalan atau bola-bola susah, mereka tidak mau menyerah,” jelas Rinov.

Berhasil menembus babak semifinal Swiss Open 2019 BWF World Tour Super 300, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan pasangan ganda campuran Taiwan, Lu Ching Yao/Lee Chia Hsin. Ini akan menjadi pertemuan perdana bagi kedua pasangan. “Tetap ada kans menang, yang penting kita bisa fokus dan langsung in ke permainan,” tutupnya.

Dengan kemenangan ini, untuk sementara Indonesia berhasil memastikan dua tempat di babak semifinal Swiss Open 2019 BWF World Tour Super 300. Selain Rinov/Phita, satu tiket lainnya berhasil diamankan sektor ganda putra yang akan mempertandingkan dua wakil Indonesia di babak perempat final antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso.