Thailand International Challenge 2023 - Tersisa Pemain Ganda

Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (Djarum Badminton)
Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia akhirnya hanya bisa berharap kepada pemain ganda untuk meraih gelar juara Thailand International Challenge 2023. Itu pun jika empat wakil tersisa yang terdiri dari dua ganda putra serta masing-masing satu ganda putri dan ganda campuran, mampu melewati tantangan berat di semifinal, Sabtu (11/3). Tunggal putri yang menembus perempat final, Bilqis Prasista, kalah dari unggulan pertama asal Vietnam, Thuy Linh Nguyen, dengan skor 13-21, 16-21.

Kekalahan juga dialami ganda putri Anggia Shitta Awanda/Putri Larasati setelah bertarung selama 65 menit melawan Lin Chih-Chun/WU Meng Chen. Juara Indonesia International Challenge 2022 itu harus mengakui keunggulan wakil Taiwan tersebut seusai bertarung rubber game dengan skor akhir 22-20, 23-25, 16-21.

Sementara, hasil baik diraih ganda putri Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum melalui kemenangan atas unggulan kedua dari Taiwan, Hsieh Pei Shan/Tseng Yu-Chi. Unggulan kedelapan itu menang dengan skor identik 21-16, 21-16 dalam tempo 36 menit. Di babak empat besar, Jesita/Febi akan bertemu Lui Lok Lok/Ng Wing Yung, pasangan Hong Kong yang memulai turnamen dari babak kualifikasi.

Unggulan kelima Adnan Maulana/Nita Violina Marwah menjadi satu-satunya ganda campuran "Merah Putih" yang tersisa di turnamen level International Challenge yang berlangsung di di Nakhon Ratchasima, Thailand ini. Mereka memastikan tempat di semifinal seusai mengemas kemenangan straight games 21-17, 21-12 atas Ratchapol Makkasasithorn/Chasinee Korepap, wakil tuan rumah yang menempati unggulan kedua.

Ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani juga menggenggam tiket semifinal, seusai memenangkan laga perempat final atas Chen Zhi Ray/Lu Chen asal Taiwan. Unggulan kedua Sabar/Reza menang dua gim langsung 21-17, 21-15.

Tiket terakhir ke babak empat besar ganda putra menjadi milik Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso setelah memenangi laga atas unggulan keenam Nur Mohd Azriyn Ayub Azriyn/Low Juan Shen. Pasangan asal Malaysia tersebut mundur dari laga perempat final setelah Low mengalami cedera pergelangan kaki kanan saat kedudukan sama kuat 8-8 pada gim pertama.

Berikut adalah susunan pertandingan yang akan dilalui para pebulu tangkis Indonesia di semifinal Thailand International Challenge 2023, Sabtu (11/3):

Ganda Putra
Choong Hon Jian/GOH Sze Fei (Malaysia/8) vs. Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (2)
Charoenkitamorn Chaloempon/Thayordphaisong Nanthakarn (Thailand) vs. Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso

Ganda Putri
Lui Lok Lok/Ng Wing Yung (Hong Kong) vs. Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum

Ganda Campuran
Adnan Maulana/Nita Violina Marwah
vs. Ming Che Lu/Chung Kan-Yu (Taiwan)