Tiba Waktunya bagi Qonitah untuk Bersinar

Qonitah Ikhtiar Syakuroh (Djarum Badminton)
Qonitah Ikhtiar Syakuroh (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Qonitah Ikhtiar Syakuroh merengkuh gelar juara Spanish Para Badminton International 2023 pada klasifikasi tunggal putri SL 3, Minggu (26/2), di Vitoria, Spanyol. Paralimpian asal Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta itu berhasil meredam perlawanan wakil Ukraina, Oksana Kozyna. Ia menang dua gim langsung 21-9, 21-14 dalam tempo 26 menit, pada partai puncak turnamen BWF Para Badminton International Level 2 tersebut.

Keberhasilan Qonitah, 22 tahun, di partai puncak ini merupakan kelanjutan dari pencapaian terbaiknya pada babak empat besar dengan mengalahkan unggulan kedua Mandeep Kaur. Pebulu tangkis berusia 22 tahun itu menang straight games 21-5, 21-18 atas wakil India tersebut.

"Ini adalah waktunya bagi saya untuk bersinar," tegas Qonitah, usai memastikan tiket final, mengutip laporan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia, Sabtu (25/2).

"Saya sangat senang dapat bertanding dengan atlet-atlet para bulu tangkis di level ini," tambah peraih dua medali emas pada Indonesian Para Badminton International 2022.

"Saya telah bermain bulu tangkis selama 13 tahun. Dan berkat bantuan klub baru, saya dapat bergabung dengan liga profesional. Saya dikelilingi orang-orang dan para pelatih terbaik. Pemain favorit saya adalah Apriyani Rahayu. Dia pemain terbaik," jelas Qonitah.

Selain Qonitah, wakil Indonesia lainnya yang berhasil naik ke podium teratas Spanish Para Badminton International 2023 adalah Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila pada klasifikasi ganda campuran SL 3 - SU 5, Subhan/Rina Marlina (ganda campuran SH 6), Dheva Anrimusthi (tunggal putra SU 5), Rina Marlina (tunggal putri SH 6), Leani Ratri Oktila (tunggal putri SL 4), dan Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah (ganda putri SL3 - SU5)

Ratri yang turun pada tiga klasifikasi dan Rina Marlina (dua klasifikasi) keluar sebagai juara pada masing-masing klasifikasi yang dilalui kedua pemain. Dengan demikian, tujuh wakil Indonesia yang menembus babak final berhasil mencapai podium tertinggi turnamen ini.