Tiongkok Masih Absen, Jepang Kemungkinan Turunkan Kekuatan Penuh di All England 2021

Tunggal putra Jepang nomor satu dunia, Kento Momota menghadang serangan.
Tunggal putra Jepang nomor satu dunia, Kento Momota menghadang serangan.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim bulutangkis Tiongkok benar-benar menerima dampak yang begitu besar akibat wabah virus korona. Selepas All England 2020, Tiongkok belum lagi berpartisipasi di turnamen internasional, termasuk seri Asia 2020, Januari lalu. Bahkan, pada gelaran All England 2021 BWF World Tour Super 1000 yang akan berlangsung pada 17 hingga 21 Maret mendatang di Birmingham, Inggris, tim bulutangkis Tiongkok juga dipastikan masih absen berkompetisi.

Melalui unggahan akun Twitter @BadminTalk, tidak ada pemain Tiongkok yang masuk ke dalam daftar peserta All England 2021 BWF World Tour Super 1000. Sementara itu, tim bulutangkis Jepang kemungkinan besar akan turun dengan kekuatan penuh pada turnamen tersebut, termasuk tunggal putra nomor satu dunia Kento Momota.

“Tidak ada pemain Tiongkok yang akan bermain di All England 2021. Jepang mengirimkan full tim, termasuk di antaranya Kento Momota, Nozomi Okuhara, Akane Yamaguchi, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, Yuta Watanabe/Arisa Higashino,” tulis akun Twitter @BadminTalk.

Pada kejuaraan Seri Asia 2020, Januari lalu, tim bulutangkis Tiongkok memang memutuskan untuk tidak ambil bagian. Sebab, pemerintah mereka tidak memberikan izin untuk meninggalkan negaranya.

Sedangkan ketidakikutsertaan tim bulutangkis Jepang pada Seri Asia 2020, kemarin, dikarenakan Momota didiagnosa positif terjangkit virus korona saat hendak bertolak ke Bangkok, Thailand. Akhirnya, tim bulutangkis Jepang pun memutuskan untuk mundur dari tiga turnamen tersebut.

Persaingan di kejuaraan All England 2021 BWF World Tour Super 1000 nanti, diprediksi akan tetap menarik kendati tidak diikuti pemain Tiongkok.

Sementara itu, All England 2021 BWF World Tour Super 1000 sendiri tidak termasuk ke dalam perhitungan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada Juli 2021 mendatang. Pasalnya, poin dari turnamen tersebut sudah terhitung pada edisi All England tahun lalu, sebelum virus korona menghentikan hampir semua kompetisi termasuk Olimpiade Tokyo 2020.