Tumbangkan Unggulan Teratas, Gelar Juara Eropa 2021 jadi Milik Pasangan Muda Rusia

Ganda campuran Rusia, Rodion Alimov/Alina Davletova juara Kejuaraan Eropa 2021.
Ganda campuran Rusia, Rodion Alimov/Alina Davletova juara Kejuaraan Eropa 2021.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Kejutan terjadi di partai puncak ganda campuran Kejuaraan Eropa 2021. Pasangan muda Rusia, Rodion Alimov/Alina Davletova sukses merebut podium pertama berkat kemenangan 11-21, 21-16 dan 21-15 atas unggulan teratas asal Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith pada pertandingan yang berlangsung di Palace of Sports, Kiev, Ukranina, Minggu (2/5).

“Luar biasa dan emosional. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah, dan kami sangat senang. Kami sangat bahagia bisa mencapai prestasi terbaik yang bisa kami capai. Shuttlecock di sini lebih cepat dan ini membuat kami makin nyaman dalam bermain menyerang,” kata Rodion Alimov dikutip Badminton Europe.

“Kami kalah dalam dua pertandingan terakhir. Tapi di game kedua dan ketiga (laga final) kami bermain lebih agresif dan menyerang, itulah mengapa kami menang,” ungkapnya menambahkan.

Sukses merebut medali emas, Alimov/Davletova juga berhasil mencatat sejarah besar, terutama untuk bulutangkis Rusia. Mereka menjadi ganda campuran pertama dari Rusia yang sukses menjuarai Kejuaraan Eropa.

Sebetulnya, penampilan apik Alimov/Davletova tidak hanya terjadi di partai final Kejuaraan Eropa 2021. Sebelumnya, di babak semifinal, mereka berhasil memetik kemenangan atas pasangan Jerman unggulan ketiga, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich dengan skor 20-22, 21-14 dan 24-22. Sementara di perempatfinal, Alimov/Davletova mampu menumbangkan unggulan kedua, Thom Gicquel/Delphine Delrue dari Prancis lewat kemenangan 21-18 dan 21-18.