(World Championships) Fajar/Rian Dipaksa Bermain Tiga Game

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) bersiap menghadang serangan.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) bersiap menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus bermain tiga game untuk mendapatkan tiket ke babak tiga World Championships 2019 saat meladeni permainan pasangan Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge. Lewat pertarungan 70 menit yang berlangsung di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Rabu (21/8), Fajar/Rian akhirnya memastikan kemenangan 14-21, 21-18 dan 21-14 atas Ellis/Langridge.

Fajar/Rian mengaku terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri dan terburu-buru saat tampil di game pertama. Namun ganda putra peringkat tujuh dunia ini mampu membayar kesalahannya dan bermain lebih apik pada game kedua dan ketiga yang sekaligus mengantarkannya ke babak 16 besar World Championships 2019.

Di game pertama kita terlalu buru-buru, jadi banyak melakukan kesalahan sendiri. Mereka mainnya safe banget, main satu-satu. Di game kedua kita mikirnya main saja dulu, yang penting kena dulu, jangan gampang kasih poin lawan. Kita pokoknya yang penting asal masuk dulu, mereka malah jadi nggak enak mainnya. Di game ketiga kita sempat ketinggalan 7-10. Tapi akhirnya bisa ambil satu demi satu poin,” jelas Fajar Alfian.

Lolos ke babak tiga World Championships 2019, Fajar/Rian akan berhadapan dengan pasangan Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. “Main pertama ini kita masih cari-cari suasana pertandingannya gimana, enakin permainannya juga. Persiapan buat besok, hari ini kan mainnya sudah ramai, sudah rubber game, jadi kita harus jaga lagi fokusnya. Jaga kondisinya juga, karena lawan kan nggak mudah,” kata Muhammad Rian Ardianto.

Selain Fajar/Rian, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga berhasil mengamankan satu tempat ke babak tiga lewat kemenangan 21-13 dan 21-12 atas wakil Belanda, Jelle Maas/Robin Tabeling. Namun sayang, sektor ganda putra Indonesia mesti kehilangan Berry Angriawan/Hardianto dan pasangan peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Dengan hasil ini, maka Indonesia berhasil meloloskan sembilan wakilnya ke babak 16 besar World Championships 2019. Selain Fajar/Rian dan Hendra/Ahsan, masih ada Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Gregoria Mariska Tunjung, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.