(World Tour Finals) Indonesia ‘Absen’ Kirim Wakil ke Semifinal

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja mengembalikan shuttlecock.
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Guangzhou | Indonesia yang mengirimkan enam wakilnya di ajang BWF World Tour Finals 2018 Guangzhou terpaksa pulang dengan tangan hampa. Pasalnya, seluruh wakil Tanah Air harus tersingkir di babak penyisihan grup. Alhasil, Indonesia dipastikan absen mengirimkan wakilnya ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2018 yang berlangsung di Tianhe Gymnasium, Tiongkok.

Anthony Sinisuka Ginting menjadi nama pertama yang angkat koper lebih dulu. Hal serupa kemudian disusul sektor ganda putri yang diwakili Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Dua ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga harus tersingkir dari kejuaraan ini. Hendra/Ahsan kalah di pertandingan terakhirnya, sedangan Kevin/Marcus menyatakan mundur karena mengalami cedera.

Pun demikian dengan Tommy Sugiarto yang kalah dua game langsung, 14-21 dan 8-21 atas wakil Jepang, Kento Momota. Terakhir dari sektor ganda campuran. Kekalahan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja membuat Indonesia belum berhasil mengirim wakil ke babak semifinal World Tour Finals 2018. Hafiz/Gloria tak dapat meraih kemenangan pada laga ketiganya di penyisihan grup B usai dikalahkan wakil tuan rumah, Wang Yilyu/Huang Dongping, dengan skor 16-21, 13-21.

“Kita tidak merasa ada beban, kita malah mau total dan mati-matian. Tadi kecolongan beberapa servis, untuk balik lagi agak susah, kita sudah di bawah tekanan,” kata Gloria.

Penampilan Hafiz/Gloria di game pertama cukup menjanjikan, mereka dapat meredam serangan-serangan Wang/Huang dan merebut banyak angka. Namun di akhir permainan, penampilan Hafiz/Gloria justru menurun dan mereka tidak dapat menguasai keadaan. “Saya merasa mainnya sudah enak, tapi finishing nya kurang rapi, harusnya lawan dapat poin, kita juga bisa nyolong poin di akhir. Karena kalau rubber game, bisa ada harapan,” jelas Hafiz Faizal.

Di game kedua, Hafiz/Gloria semakin tertinggal jauh, cukup sulit bagi mereka untuk mengejar. Wang/Huang bahkan unggul jauh hingga 13-6 dan membuat Hafiz/Gloria semakin di bawah tekanan. “Di game kedua kita banyak tertekan, waktu pembukaan setepah servis pun lawan gerak duluan dan tidak dinyatakan fault. Sudah tiga kali kejadian, kita sempat protes ke wasit,” tandasnya.

Meski tidak ada wakil Indonesia yang lolos babak semifinal BWF World Tour Finals 2018, namun perjuangan yang telah diperlihatkan patriot Merah-Putih ini patut diacungi jempol. Semangat terus bulutangkis Indonesia!