Anthony Targetkan Masuk 10 Besar di Akhir Tahun

Anthony Sinisuka Ginting
Anthony Sinisuka Ginting
Nasional ‐ Created by TIF

JAKARTA - Anthony Sinisuka Ginting pasang target tinggi untuk dirinya. Harapnya, dia ingin bisa masuk ke urutan 10 besar dunia di akhir tahun ini.

Anthony sadar itu bukan hal yang mudah. Tapi, dia harus punya target yang harus dicapai sebagai motivasinya menjalani setiap latihan dan turnamen. Pasalnya, dari tiga tunggal putra yang saat ini sedang mendapat banyak sorotan, dirinya, Jonatan Christie dan Ihsan Maulana Mustofa, Anthony menjadi yang paling rendah di antara ketiganya. Anthony kini berada di peringkat 30 dunia, atau selisih delapan peringkat dari Jonatan yang bertengger di ranking 22.

Posisi itu juga masih kalah jauh dari Ihsan yang sudah bisa tembus ke peringkat 17 dunia versi BWF (Badminton World Federation). Meski begitu, ketiganya terus menunjukkan aroma persaingan sehat untuk bisa menjadi tunggal putra terbaik Indonesia.

Apalagi ketiganya diharapkan bisa menjadi salah satu tonggak bulutangkis Indonesia untuk meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Mengingat hasil yang ditorehkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang akhirnya jadi pelecut bagi ketiga generasi emas tersebut untuk bisa melakukan hal yang sama kelak.

"Pastinya semua orang pikirannya hampir sama. Merasa bangga dan ikut senang juga, apalagi kami latihan bareng dengan mereka selama di Pelatnas," kata Anthony.

Sambutan serta apresiasi luar biasa yang diberikan pemerintah kepada peraih medali emas Olimpiade pun membuatnya ingin merasakan hal serupa suatu hari nanti. "kayaknya kalau juara seperti itu kok enak ya. Jadi secara tidak langsung memotivasi ke kami juga para juniornya. Ya sekarang siapa sih yang tidak ingin main di Olimpiade, saya kira semua pemain pasti tujuannya ke sana," imbuhnya.

Untuk mencapai sukses seperti Tontowi/Liliyana pun bukan hal yang mudah dan didapat dengan instan. Butuh pengorbanan, kerja keras, suka dan duka yang harus dilewati terlebih dahulu. Untuk itu, pelan tapi pasti Anthony ingin melewati proses itu secara bertahap untuk bisa menjadi seorang juara sejati nantinya. Salah satunya, target masuk 10 besar yang dipasangnya hingga akhir tahun ini.

"Cuma kalau bisa dipikirnya jangan saat juaranya saja tetapi prosesnya juga. Karena untuk menjadi juara tidak gampang, pasti ada suka duka dan itu menjadi salah satu syarat untuk menjadi pemenang adalah melewati proses itu" pungkasnya.