Fajar/Rian dan Della/Rizki Tembus 10 Besar Dunia

Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta.
Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta.
Nasional ‐ Created by AH

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan ganda putri, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, berhasil menembus posisi 10 besar dunia di peringkat Badminton World Federation (BWF). Berdasarkan pada daftar ranking BWF terbaru yang dikeluarkan hari Kamis (31/5) lalu, Fajar/Rian naik tiga peringkat ke posisi sembilan. Adapun Della/Rizki naik satu level ke peringkat 10.

Pergeseran posisi tersebut tak lepas dari penampilan kedua pasangan di kancah Piala Thomas dan Uber 2018. Fajar/Rian menjadi bagian tim putra Indonesia yang menembus babak semifinal. Sementara Della/Rizki juga memperkuat tim putri Indonesia yang lolos hingga babak perempat final Piala Uber 2018.

Di nomor ganda putra Indonesia, pasangan Marcus F. Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo masih bertengger di puncak. Dengan masuknya Fajar/Rian, maka Indonesia berhasil menempatkan dua wakil ganda putra ke 10 besar dunia. Sementara di ganda putri, Indonesia sebelumnya sudah menempatkan pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang saat ini bertengger di posisi enam dan Della/Rizki juga membuat wakil ganda putri Indonesia di peringkat 10 besar dunia menjadi dua pasangan.

Sementara itu, kenaikan peringkat juga dialami tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. Gregoria naik dua posisi ke peringkat 33. Hasil itu tidak terlepas dari catatan impresif Georgia selama Uber Cup kemarin. Selalu tampil dari babak kualifikasi, Gregoria sukses meraih seluruh kemenangan pada pertandingan Uber Cup 2018 kemarin. Saat ini Gregoria menjadi tunggal putri Indonesia yang berperingkat terbaik.