(Jelang Olimpiade Rio 2016) Peluang Hendra/Ahsan di Olimpiade Rio 2016

Herry Iman Pierngadi
photo: badmintonindonesia.org
Nasional ‐ Created by AH

Jakarta, - BWF (Badminton World Federation) telah merilis hasil undian Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Proses pengundian dilakukan pada Selasa, 26 Juli 2016, di stadion Riocentro Pavilion 4, Brasil, pukul 11. 00 waktu setempat.

Salah satu andalan Indonesia di olimpiade, pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, berada di grup D bersama Chai Biao/Hong Wei (Tiongkok), Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang), Manu Attri/Reddy B. Sumeeth (India).

Menanggapi hasil undian ini, Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI Herry Iman Pierngadi, mengatakan bahwa Hendra/Ahsan berada di grup yang cukup berat dengan adanya dua pasangan ganda papan atas di grup D.

Dua pasangan tersebut adalah Endo/Hayakawa dan Chai/Hong. Meskipun Hendra/Ahsan unggul dalam rekor pertemuan dengan kedua pasangan ini, namun kiprah Endo/Hayakawa dan Chai/Hong di turnamen internasional tak bisa dipandang sebelah mata.

Kalau dilihat dari keseluruhan hasil undian Hendra/Ahsan termasuk berat juga, karena ada dua pasangan ganda putra papan atas. Tetapi kami sudah siap untuk melawan siapa pun,” ujar Herry.

Hendra/Ahsan tercatat unggul jauh 9-0 atas Endo/Hayakawa. Pasangan Indonesia yang diunggulkan di tempat kedua ini juga unggul 2-1 atas Chai/Hong. Attri/Reddy tak dapat dianggap remeh, meskipun Hendra/Ahsan tercatat tak pernah kalah dalam tiga pertemuan, namun pasangan India ini perlu diwaspadai.

Menanggapi hasil undian, kami merasa tetap harus siap bertemu siapa saja. Kami berharap di penyisihan grup ini kami bisa jadi juara grup dulu,” kata Hendra seperti yang di lansir dari Badmintonindonesia.org.

Mengenai peluang di grup, saya rasa semua pasangan punya peluang yang sama, 50-50 untuk semua. Pokoknya yang penting dari awal, kami punya start yang bagus,” tambah pemain asal Pemalang, Jawa Tengah.

Hanya dua pasangan terbaik tiap grup yang berhak untuk melaju ke babak perempat final. Jika berhasil menjadi juara grup D, Hendra/Ahsan masih harus menunggu calon lawan yang merupakan runner-up grup lain, yang nantinya akan diundi.

Berikut Hasil Undian Ganda Putra di Olimpiade Rio 2106:

Ganda Putra

  • Grup A: Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong (Korea), Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin (Taiwan), Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia), Matthew Chau/Sawan Serasinghe (Australia)
  • Grup B: Fu Haifeng/Zhang Nan (Tiongkok), Phillip Chew/Sattawat Pongnairat (Amerika Serikat), Michael Fuchs/Johannes Schöttler (Jerman), Goh V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia)
  • Grup C: Kim Gi Jung/Kim Sa Rang (Korea), Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark), Adam Cwalina/Przemyslaw Wacha (Polandia), Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris Raya)
  • Grup D: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia), Chai Biao/Hong Wei (Tiongkok), Manu Attri/B. Sumeeth Reddy (India), Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang)