Jendela Kualifikasi Olimpiade Resmi Ditutup, Indonesia Kirim 7 Wakil ke Tokyo

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky. (Foto: PP PBSI)
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky. (Foto: PP PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) mengonfirmasi bahwa tidak akan ada perubahan terkait jendela kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, baik itu penambahan, pengurangan, maupun penyesuaian jumlah turnamen. Artinya, periode kualifikasi Olimpiade resmi ditutup menyusul dibatalkannya dua turnamen kualifikasi terakhir di Malaysia Open 2021 BWF World Tour Super 750 dan Singapore Open 2021 BWF World Tour Super 500 akibat wabah virus korona.

Dengan keputusan tersebut, maka tim bulutangkis Indonesia dipastikan hanya meloloskan tujuh wakilnya ke panggung Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli 2021 mendatang. BWF juga mengonfirmasi akan segera mengirim undangan kepada para atlet yang lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky langsung bersiap menjalankan sejumlah program yang dirancang tim bulutangkis Indonesia jelang Olimpiade Tokyo 2020.

“PBSI sudah memiliki berbagai agenda dan program. Di antaranya pemusatan latihan dan karantina di Pelatnas atau kami menyebutnya training center selama 2-3 minggu, menggelar pertandingan pemanasan dan pemusatan latihan di Prefektur Kumamoto, Jepang, dua pekan sebelum penyelenggaraan Olimpiade,” jelas Rionny Mainaky dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

Di sisi lain, tim bulutangkis Indonesia gagal meloloskan wakil kedelapan, yaitu pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Hafiz/Gloria yang belakangan terus berupaya mengejar poin untuk mendapat tempat di Olimpiade harus rela mengubur mimpinya. Dengan tidak ada turnamen tersisa, Hafiz/Gloria tidak lagi bisa mengejar peringkat delapan besar.

Hingga saat ini, posisi Hafiz/Gloria terpaku di peringkat sembilan klasemen Race to Tokyo dengan raihan 60.851 poin. Mereka Terpaut 647 poin dari ganda campuran Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith yang berada di peringkat delapan. Rionny pun hanya bisa legowo dengan keputusan tersebut.

“Saya fokus ke tujuh wakil yang akan berangkat ke Olimpiade saja. Untuk ganda campuran, saya sudah bicara dengan Richard (Mainaky) untuk segera memulai persiapan fokus ke Praveen/Melati. Untuk Hafiz (Faizal)/Gloria (Emanuelle Widjaja) memang belum rezeki mereka, semoga mereka tetap semangat berlatih karena masih ada turnamen-turnamen lain setelah Olimpiade,” tegasnya.

 

Berikut 7 Wakil Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Tokyo 2020:

  • Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie
  • Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung
  • Ganda Putra: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
  • Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu
  • Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti