Kejurnas Beregu 2022 - Debut Manis Pasangan Baru Febby/Melati

Melati Daeva Oktavianti & Febby Valencia Dwijayanti Gani (Djarum Badminton)
Melati Daeva Oktavianti & Febby Valencia Dwijayanti Gani (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Atlet spesialis ganda Melati Daeva Oktavianti punya pasangan baru, Febby Valencia Dwijayanti Gani. Dua mantan penghuni pelatnas PP PBSI ini memperkuat PB Djarum dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2022 pada kategori beregu campuran di nomor ganda putri. Keduanya mencatatkan debut sekaligus kemenangan perdana di hari pembuka Kejurnas 2022, Senin (12/12), di Cipayung, Jakarta.

Melati mengungkapkan, Febby adalah pasangan ketiganya setelah Praveen Jordan dan Mohammad Reza Pahlevi Isfahani pada 2022. Seperti diwartakan sejumlah media massa, Melati dipadukan dengan Reza sembari menunggu Praveen pulih dari cedera pinggang yang mengharuskannya mundur di babak kedua Indonesia Open 2022 pada Juni lalu.

Praveen/Melati pun mesti absen dari beberapa turnamen pada tahun ini, seperti Malaysia Open, Malaysia Masters, serta Singapore Open. Selagi Praveen menjalani masa pemulihan, Melati/Reza bertarung di International Challenge 2022 di Yogyakarta dan Vietnam Open 2022.

Sementara, Febby, yang dikabarkan meninggalkan pelatnas PP PBSI pada awal September 2022, sempat berpasangan dengan Salli Lin. Keduanya berlaga di Sirkuit Nasional C Banten 2022 pada bulan lalu. Kini, Febby dan Melati dipadukan untuk memperkuat PB Djarum pada Kejurnas Beregu Campuran 2022.

Febby/Melati diturunkan pada partai ketiga melawan Angelica Natasha Herloardjo/Frida Ayu Wulandari. Dalam tempo 24 menit, Febby/Melati menang atas pasangan asal klub Banda Baru Batam tersebut dengan skor 21-12, 21-10. "Tadi kita main enjoy aja, karena di latihan kita juga sudah pernah main bareng," tutur Melati kepada Djarum Badminton.

"Saya juga tadi main safe aja, nggak ada yang gimana-gimana," Febby, menimpali komentar pasangan anyarnya itu.

Meski kedua pemain mampu menguasai dan menikmati permainan, Melati mengaku cukup kikuk saat menjalankan perannya selaku pemain ganda putri. Maklum, rotasi serta pola bermain ganda campuran sudah terpatri dalam benak juara All England 2020 ini. "Saya biasanya main mixed, kan, jadi banyak lari ke depan. Tadi sempat beberapa kali lupa," tuturnya, seraya tertawa lepas.

"Yang harusnya (main) ganda putri, kan, jaganya setengah-setengah. Tapi tadi yang ada maju melulu (terus)," Melati, menambahkan.

Aksi saat Melati maju untuk bermain di depan net itu, sontak membuat Febby terkejut. Namun, keduanya hanya saling melempar senyum kala kebiasaan Melati kala turun di ganda campuran tersebut tercipta pada debut mereka. "Tadi sempat kaget sih pas main. Kaget tiba-tiba Kak Melly (sapaan Melati) mainnya ke depan, tapi (lawan) malah ternyata bolanya di-lob," ungkap Febby, yang kompak bersama Melati menyatakan juara sebagai target mereka pada Kejurnas Beregu Campuran 2022 ini.