Kekuatan Ganda Putra Tak Ada Habisnya

Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan & Pramudya Kusumawardana (Humas PP PBSI)
Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan & Pramudya Kusumawardana (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Gelar Juara Asia 2022 yang diraih Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di Filipina dan medali emas ganda putra dari Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di SEA Games Vietnam 2021, memperlihatkan kekuatan bulu tangkis Indonesia pada sektor ganda putra tak ada habisnya. Kedua pasangan pelapis ini bahkan menguasai partai final nomor perorangan pada pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Selain itu, gelar juara yang diraih Pram/Yere dan Leo/Daniel itu memperlihatkan regenerasi ganda putra "Merah Putih" telah berjalan dengan baik. "Ketika pemain senior masih berprestasi dan generasi di bawah mereka sudah mendekati, itu menjadi indikator keberhasilan regenerasi," kata legenda bulu tangkis Indonesia Christian Hadinata (Kompas, 29 Maret 2022).

"Tidak ada kesenjangan yang jauh antargenerasi," tambah pria berusia 72 tahun ini.

Christian, yang bersama Ade Chandra menjadi juara All England 1972 dan 1973, juga menyatakan, berjalannya regenerasi ganda putra karena selalu ada teladan dari senior yang berprestasi. Pemain muda pun bisa langsung berkomunikasi dan mencontoh dari apa yang mereka lihat sehari-hari di pelatnas PP PBSI di Cipayung, Jakarta.

Ketiadaan bintang senior sebagai teladan ini menjadi salah satu tantangan untuk melahirkan calon bintang baru pada nomor lain. "Ganda putri dan campuran punya pemain potensial untuk menjadi pemain elite, meski sulit mencapainya dalam waktu dekat," tulis media harian tersebut melalui artikel berjudul "Peran Teladan dari Senior untuk Regenerasi".

Setelah beberapa pemain ganda campuran tak lagi di pelatnas, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, tak memiliki senior di sekitar mereka.

Di luar sektor ganda putra, besar harapan masyarakat Indonesia agar muncul bintang-bintang baru di empat sektor lainnya. Prestasi medali emas SEA Games Vietnam 2021 yang diraih ganda putri debutan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, diharapkan dapat diikuti sejumlah ganda putri "Merah Putih" lainnya.