Kendala Utama Ruselli Ada di Fokus

Tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan berusaha menggapai pengembalian.
Tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan berusaha menggapai pengembalian.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Sektor tunggal putri Indonesia tidak bisa berbicara banyak saat berlaga di kejuaraan Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300, pekan lalu. Ruselli Hartawan yang merupakan satu-satunya wakil tunggal putri Merah Putih justru harus menelan kekalahan telak pada babak pertama. Ruselli kalah dua game langsung dengan skor 8-21 dan 11-21 dari wakil Amerika Serikat, Iris Wang.

Asisten Pelatih Tunggal Putri Indonesia, Herli Djaenudin mengatakan bahwa masalah utama yang harus diperbaiki Ruselli adalah fokus. Menurutnya, fokus pebulutangkis nomor 39 dunia itu masih naik-turun alias belum konsisten.

“Ruselli tidak dapat fokusnya, banyak melakukan kesalahan sendiri. Pertemuan dengan Wang Iris, dia sudah kalah dua kali. Saat tidak bisa mematikan lawan, fokusnya goyah,” kata Herli Djaenudin dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

Kepulangan cepat Ruselli di turnamen Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300, pekan lalu itu sangat disayangkan. Ini menjadi kekalahan kedua yang dialami Ruselli dalam tiga pertemuan dengan Wang. Terakhir kali keduanya bentrok terjadi di ajang Dutch Open 2015. Saat itu, Ruselli juga dibuat tak berdaya lewat kekalahan 9-21 dan 8-21. Setelah hampir enam tahun tidak saling bertemu di lapangan, tunggal putri nomor dua Indonesia itu masih belum memperlihatkan perubahan.

Selepas Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300, Ruselli pun harus turun satu peringkat di ranking dunia. Sebelumnya dia ada di peringkat 37 dunia.