"Leo/Daniel Kembali Mengirim Kabar Gembira"

Daniel Marthin, Herry Iman Pierngadi, & Leo Rolly Carnando (Humas PP PBSI)
Daniel Marthin, Herry Iman Pierngadi, & Leo Rolly Carnando (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kebahagiaan terhadap perolehan gelar juara Indonesia Masters 2023 dan Thailand Masters 2023 oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin memang tak terelakkan. Untuk kali pertama, ganda putra Indonesia itu menjuarai dua turnamen BWF World Tour Secara beruntun. Kepala Negera segera melontarkan ucapan selamat dengan menyalurkan rasa bangganya melalui unggahan di media sosial. Selain kalimat ucapan selamat, RI1 juga menautkan unggahan di media sosial dengan foto juara dunia junior 2019 itu.

"Dari Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, sore ini, pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin kembali mengirim kabar gembira. Mereka keluar sebagai juara ganda putra Thailand Masters 2023 setelah menakluklan Su Ching Heng/Ye Hong Wei dari Taiwan. Selamat kepada Leo/Daniel," tulis Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun Twitter-nya, Minggu (5/2) malam.

Leo/Daniel, satu-satunya wakil Indonesia pada final turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 300 tersebut, naik ke podium teratas seusai menang straight games 21-16, 21-17 atas Su Ching Heng/Ye Hong Wei dalam tempo 41 menit. Leo/Daniel adalah ganda putra ketiga Indonesia yang menjadi lawan pasangan Taiwan itu dalam tiga babak di Thailand Masters 2023.

Sepekan silam di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Leo/Daniel menjadi juara Indonesia Masters 2023, setelah pada partai final menang atas wakil China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, dengan skor 21-17, 21-16. Selain ganda putra berperingkat 13 dunia itu, tunggal putra Jonatan Christie pun naik ke podium teratas dan Chico Aura Dwi Wardoyo sebagai runner-up.

Kala itu, seperti dilaporkan kantor berita Antara, Presiden Jokowi mencuit melalui akun Twitter resminya, @jokowi, Minggu (29/1) malam, mengucapkan selamat bukan hanya kepada Jonatan atas gelar juara tersebut tetapi juga kepada Chico yang menciptkan "all-Indonesian final".

"Jonatan Christie keluar sebagai juara tunggal putra pada kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters 2023 dalam final sesama Indonesia melawan Chico Aura Dwi Wardoyo di Istora Senayan, hari ini. Selamat untuk Jonatan. Selamat juga untuk Chico," demikian cuit Presiden Jokowi lewat akun Twitter yang diikuti oleh lebih dari 19 juta pengikut itu.

Tak lama berselang, mantan wali kota Solo itu kemudian juga mencuitkan ucapan selamat kepada Leo/Daniel atas keberhasilan mereka menjuarai nomor ganda putra. "Indonesia berjaya di ganda putra kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters 2023. Pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin tampil sebagai juara dengan mengalahkan He Ji Ting/Zhou Ho Dong dari Tiongkok dalam final di Istora Senayan, hari ini. Selamat untuk Leo dan Daniel," cuit Kepala Negara.

Sementara, Leo menyatakan, gelar juara dari Thailand menjadi penambah semangat bagi keduanya untuk lebih giat berlatih, lantaran masih banyak kejuaraan maupun turnamen yang akan dihadapi. Melalui keterangan Humas PP PBSI, atlet asal Klaten, Jawa Tengah itu mengucapkan terima kasih kepada khalayak. "Sukses merebut gelar juara ini saya persembahkan untuk bangsa Indonesia, PBSI, pelatih, orangtua, pacar saya, serta orang-orang yang terus mendukung," ujarnya.

Daniel mengucap syukur dapat melalui partai puncak dan keluar sebagai juara, meski memendam rasa sakit pada telapak kaki kiri. Meraih titel kampiun di Bangkok, lanjutnya, merupakan hasil yang tak terduga. "Pada awalnya saya tidak menyangka akan bisa kembali juara di Thailand. Main di sini, saya hanya fokus dan main baik dari pertandingan ke pertandingan saja. Ternyata usaha keras saya dan Leo tidak sia-sia," tuturnya.

"Kemenangan ini saya persembahkan kepada semua yang telah mendukung saya. Mulai dari pelatih, orangtua, teman, PBSI, dan bangsa Indonesia. Juga suporter di Thailand yang terus mendukung," demikian Daniel.