Liga PB Djarum 2020 Kembali Digelar, 112 Atlet Ambil Bagian

Aurelia Salsabila bakal unjuk kebolehan di kategori Mix (U-17) Liga PB Djarum 2020.
Aurelia Salsabila bakal unjuk kebolehan di kategori Mix (U-17) Liga PB Djarum 2020.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Demi membuktikan komitmen untuk menjaga serta meningkatkan kualitas para atletnya, PB Djarum Kudus kembali menggelar turnamen internal bertajuk Liga PB Djarum 2020 yang rencananya bakal berlangsung di GOR Djarum Jati, Kudus, Jawa Tengah pada 7 hingga 13 Desember 2020 mendatang. Sebanyak 112 atlet akan ambil bagian pada kejuaraan yang mengusung tema Semangat Muda, Semangat Juara itu.

Kali ini, Liga PB Djarum 2020 akan mempertandingkan dua nomor. Yakni beregu dan perorangan yang berasal dari kelompok U-11, U-13, U-15, U-17, U-19 dan Dewasa baik di sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin mengatakan bahwa tujuan lain diselenggarakannya turnamen ini adalah untuk mengisi kekosongan di tengah kondisi wabah virus korona yang memaksa semua kejuaraan terpaksa dihentikan sementara waktu.

“Sebagai klub, kami memiliki tanggung jawab untuk terus mengasah kemampuan para atlet yang kami miliki. Untuk itu, kami menyelenggarakan kembali Liga PB Djarum di bulan Desember ini dengan tema Semangat Muda, Semangat Juara. Kesempatan ini adalah momentum bagi kami untuk mengasah lebih jauh kemampuan para atlet muda PB Djarum. Supaya nanti ketika turnamen sudah kembali diadakan, seluruh atlet PB Djarum siap untuk bertanding secara maksimal,” kata Yoppy Rosimin dalam siaran pers Liga PB Djarum 2020 yang diterima Djarumbadminton.com.

Sementara itu, untuk format kejuaraan beregu Liga PB Djarum 2020, sejumlah atlet PB Djarum Kudus akan dipasangkan secara acak, baik di sektor ganda putri, putra maupun campuran. Setiap atlet rata-rata bakal bertanding sebanyak tiga sampai empat kali di kategori yang berbeda.

“Selain bermain di kategorinya masing-masing, atlet yang memiliki performa tinggi di kelompok usianya, akan kami masukkan di kelompok usia yang lebih tinggi. Begitu pula dengan pasangan ganda yang sudah kuat akan kami carikan partner baru agar mereka lebih adaptif dengan siapapun tandemnya di atas lapangan. Hal tersebut juga untuk melatih mental, fisik, dan fokus para atlet yang nantinya akan berdampak positif dalam menghadapi pertandingan di level nasional dan internasional,” jelasnya.

Meski harus digelar dalam kondisi pandemi, Liga PB Djarum 2020 tentunya akan sangat ketat dalam penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Diantaranya digelar tanpa penonton, penerapan physical distancing, mewajibkan seluruh tim penyelenggara menjalani swab test dan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area pertandingan.

Selain itu, penggunaan masker bagi siapapun yang berada di area GOR, menggunakan hand sanitizer setiap masuk lapangan untuk wasit, service judge, linesman hingga sterilisasi lapangan secara berkala, serta seluruh peralatan yang digunakan secara bergantian.

Karena digelar tanpa penonton, pencinta bulutangkis dapat menyaksikan jalannya pertandingan Liga PB Djarum 2020 melalui live streaming di channel Youtube PB Djarum, Facebook PB Djarum dan Kaskus TV pada pukul 09.00 WIB untuk sesi pertama dan pukul 14.00 WIB untuk sesi kedua. Live streaming di 7 sampai 9 Desember untuk pertandingan beregu dan 10 hingga 13 Desember untuk pertandingan perorangan.

Sebelumnya, PB Djarum juga telah sukses menggelar Liga PB Djarum pada Juli 2020 lalu. Disiarkan secara streaming di sejumlah platform digital. Kejuaraan tersebut sudah ditonton ratusan ribu warganet dari seluruh pelosok Indonesia. Melihat animo tersebut, Yoppy berharap agar gelaran kali ini bisa kembali menuai sukses dan memberi dampak positif bagi para atlet maupun pencinta bulutangkis di Indonesia.

“Pada Liga PB Djarum Juli lalu, kami sangat senang dengan tingginya antusias masyarakat yang menyaksikan secara online. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat masih sangat mencintai bulutangkis dan juga klub ini. Dengan kembali diselenggarakannya Liga PB Djarum Desember 2020, kami harap dapat mengobati rasa rindu masyarakat akan menonton pertandingan bulutangkis secara langsung, serta menjaga semangat juang para atlet,” ungkapnya.