Pasca Olimpiade, Tim Bulutangkis Indonesia Hanya Punya Waktu Singkat untuk Rehat

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna (tengah) saat menyambut kloter kedua kepulangan tim bulutangkis Indonesia dari Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: PP PBSI)
Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna (tengah) saat menyambut kloter kedua kepulangan tim bulutangkis Indonesia dari Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: PP PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Meski telah berhasil mempersembahkan satu medali emas dan satu perunggu dari ajang Olimpiade Tokyo, faktanya, tim bulutangkis Indonesia tidak memiliki waktu yang panjang untuk beristirahat pasca Olimpiade. Sebab, tidak lama lagi, kompetisi internasional bakal segera digelar. Tidak hanya itu, di tahun ini juga masih ada tiga turnamen bergengsi yang akan diperjuangkan Greysia Polii cs. Yakni, Piala Sudirman, Piala Thomas & Uber serta Kejuaraan Dunia.

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa berlama-lama rehat meski sudah dianggap sukses pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020, kemarin. Menurut Agung, PP PBSI harus segera mengalihkan fokus dari Olimpiade ke turnamen berikutnya yang juga tak kalah bergengsinya.

“Tidak tertahan rasa bangga yang membuncah dalam hati ini, tadi saya sudah bertemu dengan mereka (para peraih medali cabang bulutangkis) secara personal dan rasa bahagia atas kemenangan itu masih sangat terasa sekarang,” ungkap Agung Firman Sampurna dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

“Meski demikian, saya katakan bahwa kami hanya memiliki waktu yang sebentar untuk beristirahat. Karena khusus olahraga bulutangkis, kami harus mempersiapkan diri untuk turnamen internasional yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Yaitu Piala Sudirman, Piala Thomas & Uber dan Kejuaraan Dunia. Kami punya ambisi besar untuk mendapatkannya,” tambahnya tegas.

“Saya menyampaikan kepada teman-teman yang belum beruntung di Olimpiade (Tokyo 2020), turnamen selanjutnya adalah saatnya untuk revans. Jadi mari kita persiapkan sebaik-baiknya, kami juga akan evaluasi sebaik-baiknya. Semoga lambang supremasi bulutangkis itu bisa kembali tahun ini,” tutupnya.

Piala Sudirman 2021 rencananya akan dihelat di Vantaa, Finlandia pada 23 September hingga 3 Oktober mendatang. Sepekan berselang, Piala Thomas & Uber yang sudah tertunda satu tahun, akan bergulir di Aarhus, Denmark, tepatnya pada 9 hingga 17 Oktober mendatang.