Pengganti Nova Widianto Sudah Ada, tapi...

Rinov Rivaldy & Rehan Naufal Kusharjanto (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy & Rehan Naufal Kusharjanto (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | PP PBSI mengklaim telah menemukan pengganti Nova Widianto, pelatih ganda campuran yang kini melatih tim nasional (timnas) bulu tangkis Malaysia. Namun, induk organisasi olahraga pukul bulu itu belum mengumumkan nama pelatih baru tersebut lantaran masih menguji kualitas sang pelatih. Hal serupa juga dilakukan PP PBSI untuk calon yang akan mengisi pos pelatih tunggal putri.

"Nama (calon pelatih) sudah ada, tapi masih kita cek dulu kualitasnya," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky kepada IDN Times, Rabu (22/2).

Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) merekrut Nova menjadi pelatih baru timnas Malaysia. Pada akhir Desember 2022, Nova datang ke pelatnas PP PBSI dan berpamitan dengan semua pengurus PBSI dan atlet pelatnas. Kala itu ia mengakui, ajakan dari BAM mengisi posisi pelatih ganda campuran datang sejak mendampingi pemain Indonesia saat tampil di Japan Open 2022, September lalu.

Sejak ditinggalkan Nova, skuad ganda campuran "Merah Putih" ditangani oleh Amon Santoso. Turnamen perdana dari mantan asisten Nova ini adalah Malaysia Open 2023 pada 10-15 Januari. Kemudian pada All England 2023, 14-19 Maret, Rionny yang akan duduk di kursi pelatih setelah Amon batal berangkat ke Inggris lantaran terkendala visa. "Saya dampingi dulu selama di All England," kata Rionny kepada laman berita tersebut.

Selain sektor ganda campuran, PP PBSI juga sudah mengantongi nama pelatih baru untuk sektor tunggal putri utama. Hingga kini, hanya Herli Djaenudin yang mengisi posisi pelatih bagi Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan. "Sebentar lagi ada pelatih baru tunggal putri. Sedang menunggu (administrasi)," tuturnya.

"Pelatih dari luar. Mantan atlet, laki-laki," demikian Rionny.