PON Papua 2021 - Cabor Bulu Tangkis Digelar Hari Ini

Rombongan atlet bulu tangkis Papua melakukan validasi kartu identitas (PON Papua 2021//Muh.Alwi)
Rombongan atlet bulu tangkis Papua melakukan validasi kartu identitas (PON Papua 2021//Muh.Alwi)
Nasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Cabang olahraga (cabor) bulu tangkis mulai dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua pada Selasa (5/10) di GOR Waringin, Jayapura. Dua kategori yang diperlombakan, yakni nomor beregu dan nomor perorangan, bakal tersaji di pesta olahraga nasional yang untuk kali pertama digelar di Papua, hingga 13 Oktober.

Pikiran Rakyat menyebutkan, pada kategori beregu putra akan berlangsung lima partai dengan rincian tiga partai sektor tunggal dan dua partai sektor ganda. Sementara untuk nomor beregu putri hanya akan tiga partai pertandingan, yakni dua sektor tunggal dan satu sektor ganda. Untuk kategori beregu akan digelar pada 5-9 Oktober 2021.

Kategori beregu putra dan putri akan diikuti sebanyak 12 tim yang dibagi menjadi empat grup. Hanya juara grup yang berhak melaju ke babak semifinal. Untuk kategori putra, terdiri dari tuan rumah Papua, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Lampung, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Papua Barat.

Sedangkan pada kategori beregu putri terdiri dari tuan rumah Papua, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bengkulu, Lampung, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Kemudian untuk kategori perorangan, yang menurut rencana digelar pada 10-13 Oktober 2021, terdapat nama-nama atlet jebolan pelatnas yang bakal bertanding untuk mewakili provinsi masing-masing.

Dikutip dari Badminton Indonesia, DKI Jakarta, misalnya, yang akan diperkuat Christian Adinata, Karono, Yonathan Ramlie, Ruselli Hartawan, Stephanie Widjaja, Yeremia Erich Yoche Yacob, Amri Syahnawi, Adnan Maulana, Ghifari Anandaffa Prihardika, dan Angelica Wiratama.

Jawa Barat memiliki Syabda Perkasa Belawa, Alvi Wijaya Chairullah, Saifi Rizka Nurhidayah, Pramudya K, Muhammad Shohibul Fikri, Andika Ramadiansyah, Hediana Julimarbela, dan Melani Mamahit. Jawa Tengah ada Bobby Setiabudi, Aisyah Sativa Fatetani, Bagas Maulana, Indah Cahya Sari Jamil, dan Mychelle Chrystine Bandaso. Sulawesi Utara diperkuat oleh Ikhsan L Imanuel Rumbay dan Zachariah Josiahno Sumanti.

Selanjutnya, Jawa Timur diperkuat Moh Reza Pahlevi Isfahani, Febriana Dwipuji Kusuma, Marsheilla Gischa Islami, dan Rehan Naufal Kusharjanto. Sementara tuan rumah Papua memiliki Asty Dwi Widyaningrum.

Terdapat juga nama Komang Ayu Cahya Dewi yang memperkuat kontingen Bali serta Tryola Nadia yang mewakili Banten.