Presiden: Dari Tanah Air, Saya Menyampaikan Selamat

Gregoria Mariska Tunjung dan trofi BATC 2022 (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung dan trofi BATC 2022 (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas keberhasilan para pebulu tangkis Indonesia yang meraih gelar juara Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2022. Selain itu, Kepala Negara juga menyebutkan keberhasilan regu putra "Merah Putih" yang menempati tempat kedua dari kejuaraan bulu tangkis yang berlangsung di Selangor, Malaysia tersebut.

"Srikandi-srikandi bulutangkis putri Indonesia mencetak sejarah dengan meraih gelar juara pada Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022, hari ini di Selangor, Malaysia. Sementara tim putra Indonesia berhasil menempati posisi runner-up," tulis Presiden Jokowi melalui akun Twitter-nya, @jokowi, pada Minggu (20/2).

"Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat," Kepala Negara, menambahkan.

Unggahan di akun Twitter yang diikuti 16,9 juta pengikut itu menarik banyak warganet untuk berkomentar. Ribuan pengguna media sosial berlambang burung putih ini juga me-retweet cuitan yang berisi ucapan selamat kepada tim bulu tangkis Indonesia tersebut.

Satu di antara ratusan warganet yang memberi komentar, yakni pemilik akun
@santiagoalimun yang menuliskan, "Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang srg mengharumkan nama Indonesia. Dimohon dengan hormat Pak, kirim atlet kita ke turnamen, Pak. Utk menambah pengalaman & jam terbang. Secara skill atlet kita byk yg bagus, tinggal mental lebih diasah lagi. Caranya? Sering2 turnamen."

"Alhamdulillah, keren banget kan? Team putri winner & team putra runner up. Luar biasa hebatnya perjuangan kalian semua,"tulis @sayheRo_, mengomentari unggahan mantan wali kota Solo tersebut.

Pada pertandingan final regu putri BATC 2022 yang berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, tim putri Indonesia keluar sebagai juara setelah mengalahkan Korea Selatan 3-1. Ganda putri kedua yang turun pada partai keempat, Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari, memastikan gelar juara bagi "Merah Putih", setelah dua kemenangan sebelumnya diraih dua pemain tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Sementara, pada partai puncak putra, tim tuan rumah Malaysia menang telak atas Indonesia. Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan kalah 0-3.

Namun, PP PBSI memuji perjuangan pemain yang begitu hebat dan layak diacungi jempol. Para pemain menyuguhkan permainan dengan penuh semangat dan tidak kenal takut, termasuk saat menghadapi tekanan penonton. Terbukti, para pemain muda Indonesia mampu memaksa bermain rubber game.