Richard Mainaky Kirim Hafiz/Gloria ke India Demi Amankan Tiket Olimpiade Tokyo

Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menyambut pengembalian.
Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menyambut pengembalian.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Sektor ganda campuran Indonesia terus berupaya meloloskan dua wakilnya ke ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada Juli 2021 mendatang. Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sudah pasti lolos karena berada di peringkat empat klasemen Race to Tokyo. Namun, posisi Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang ada di peringkat kedelapan masih belum aman, alias rawan tergusur.

Demi mengamankan tiket ke Tokyo, Kepala Pelatih Ganda Campuran Indonesia, Richard Mainaky akan terus memaksimalkan kesempatan yang ada dengan menurunkan Hafiz/Gloria ke sisa turnamen kualifikasi Olimpiade. Terdekat, Hafiz/Gloria akan dikirimkan ke turnamen India Open 2021 BWF World Tour Super 500 yang berlangsung pada 11 hingga 16 Mei mendatang di New Delhi.

Di nomor ganda campuran, Hafiz/Gloria akan didampingi pasangan muda Adnan Maulana/Mychelle Chyrstine Bandaso ke India Open 2021 BWF World Tour Super 500. Sebagai ganda campuran nomor dua Indonesia dan upaya mengamankan tiket ke Olimpiade Tokyo 2020, maka turnamen itu wajib diikuti Hafiz/Gloria.

Sedangkan bagi pemain non-Olimpiade seperti Adnan/Mychelle, keikutsertaan mereka itu disesuaikan dengan kebutuhan dan hasil evaluasi tim pelatih. “Itu setelah melihat penampilan mereka dari event-event sebelumnya,” kata Richard Mainaky mengutip dari Jawapos.com.

Lebih lanjut Richard menjelaskan, untuk pasangan lain seperti Praveen/Melati, akan langsung dipersiapkan ke turnamen Malaysia Open 2021 BWF World Tour Super 750 dan Singapore Open 2021 BWF World Tour Super 500.

“Jadi, dibagi sesuai target masing-masing pemain. Ada yang ke Spanyol, Malaysia, dan India. Semua jadwalnya kan mepet. Untuk Rinov (Rivaldy)/Pitha (Haningtyas Mentari) yang ke Spain Masters 2021 karena jadwalnya mepet dengan yang di India kan,” tuturnya.

Di sisi lain, Richard juga mengatakan bahwa pemain non-Olimpiade akan difokuskan untuk mengejar ranking dunia. Sebab, jarak antara Praveen/Melati, Hafiz/Gloria dan pasangan lainnya terpaut lumayan jauh. Praveen/Melati ranking empat dunia. Hafiz/Gloria peringkat delapan dunia. Sementara di bawah mereka ada Rionv/Pitha yang menduduki ranking 23 dunia.

“Tetapi, tidak semata-mata untuk menaikkan ranking saja. Sekarang dari tim pelatih lebih diutamakan untuk prospek menambah pengalaman mereka dalam turnamen level atas,” tutup Richard.