Seleknas PBSI 2022 - Para Juara Wujudkan Impian Masuk Pelatnas

Maulida Aprilia Putri/Meisa Rizka Fitria (Djarum Badminton)
Maulida Aprilia Putri/Meisa Rizka Fitria (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Rangkaian partai final Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI 2022 rampung pada Rabu (21/12) petang di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta. PB Djarum tercatat sebagai penyumbang atlet terbanyak ke gerbang pelatnas, yakni lima orang, sementara dua atlet lainnya berasal dari binaan Jaya Raya Jakarta. Salah satu atlet PB Djarum, Verrell Yustin Mulia, berhasil keluar sebagai juara pada nomor ganda taruna campuran dan ganda taruna putra.

Ganda taruna putri Maulida Aprilia Putri/Meisa Rizka Fitria asal Jaya Raya Jakarta tampil sebagai juara Seleknas 2022. Di final, unggulan pertama ini sukses mengalahkan Puspa Rosalia Damayanti/Velisha Christina (PB Djarum) dengan skor 21-17, 21-19. "Saya merasa bangga dan senang bisa juara Seleknas. Saya pun awalnya tidak menyangka akan bisa berhasil dan masuk ke pelatnas. Kunci kemenangan kami, bermain konsisten dan nothing to lose. Selalu fokus dan jangan lengah," tutur Meisa melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Alhamdulillah bisa juara sekaligus memberikan kado terbaik untuk orangtua. Impian saya sejak kecil dulu, akhirnya bisa kesampaian juga. Saya kini bisa masuk pelatnas," Maulida, menambahkan.

Untuk ganda taruna putra, Nikolaus Joaquin/Verrell Yustin Mulia (PB Djarum) berhasil mengalahkan Alif Fajdary/Yordan Alexander Gunawan (Daihatsu Yonex Sunrise Candra Wijaya Banten) dengan skor 21-10, 21-16. Joaquin/Verrell pun merebut tiket masuk pelatnas. "Motivasi terbesar saya tampil habis-habisan di Seleknas ini adalah ingin membantu Verrell yang tahun ini adalah kesempatan terakhir dia bisa mengikuti seleknas untuk bergabung ke pelatnas," kata Joaquin.

"Saya sendiri dari dulu bermimpi agar bisa masuk pelatnas," tambahnya.

Pada nomor tunggal taruna putra, Jason Christ Alexander (PB Djarum) tampil sebagai juara. Dia sukses mengalahkan unggulan pertama, sekaligus juara Kejuaraan Nasional 2022, Muhammad Halim As Sidiq (Jaya Raya Jakarta), dengan straight games 21-15, 21-15. "Saya main normal saja, justru lawan yang tertekan dan kurang bisa menguasai pertandingan. Lawan juga sepertinya lambat panas. Saya tentu senang dengan kemenangan ini," kata Jason, yang mengidolakan Anthony Sinisuka Ginting dan Lin Dan ini.

Untuk tunggal putri, Chiara Marvella Handoyo (PB Djarum) juga berhak lolos ke pelatnas setelah di final menang atas rekan seklubnya, Aura Ihza Aulia dengan skor, 21-15, 21-12. "Senang juga saya bisa juara karena tahun sebelumnya saya tidak lolos seleknas. Dari awal, saya memang ingin masuk pelatnas biar ke depan bisa tampil di level internasional dan mengembangkan kemampuan saya," kata Chiara.

Menyangkut kunci kemenangan atas Aura, pengagum Chen Yu Fei ini menyebut dirinya berinisiatif dengan bermain menyerang lebih dulu. "Saya sih, main dengan pola saya sendiri, yaitu menyerang duluan. Kalau tak tembus, coba bertahan dulu. Ternyata strategi saya berhasil," ungkap Chiara.

Verrell melengkapi kejayaan di Seleknas 2022, setelah bersama Priskila Venus Elsadai menjuarai sektor ganda campuran. Di laga terakhir, Verrell/Elsa mengatasi perlawanan rekan satu klubnya, Carlo Syah Gumilar/Aisyah Hanadiya Taisir, melalui rubber game 21-19, 19-21, 21-17.

Hasil Final Seleksi Nasional PBSI 2022:

Tunggal Taruna Putra
Jason Christ Alexander (PB Djarum) vs. Muhammad Halim As Sidiq (Jaya Raya Jakarta) 21-15, 21-15

Tunggal Taruna Putri
Chiara Marvella Handoyo (PB Djarum) vs. Aura Ihza Aulia (PB Djarum) 21-15, 21-12

Ganda Taruna Putra
Nikolaus Joaquin/Verrel Yustin Mulia (PB Djarum) vs. Alif Fajdary/Yordan Alexander Gunawan (Daihatsu Yonex Sunrise Candra Wijaya Banten) 21-10, 21-16

Ganda Taruna Putri
Maulida Aprilia Putri/Meisa Rizka Fitria (Jaya Raya Jakarta) vs. Puspa Rosalia Damayanti/Velisha Christina (PB Djarum) 21-17, 21-19

Ganda Taruna Campuran
Verrell Yustin Mulia/Priskila Venus Elsadai (PB Djarum) vs. Carlo Syah Gumilar/Aisyah Hanadiya Taisir (PB Djarum) 21-19, 19-21, 21-17