Terkait Jumlah Penonton di Istora, PBSI: Kita Patuh Aturan Pemerintah

Ajang turnamen Indonesia Masters 2019 (Humas PP PBSI)
Ajang turnamen Indonesia Masters 2019 (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Direktur Turnamen dan Perwasitan PP PBSI Mimi Irawan menyatakan, Indonesia Masters 2022 akan digelar pada 7-12 Juni dan sepekan berikutnya Indonesia Open pada 14-19 Juni. Kembali bertempat di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dan penonton pun dapat menyaksikan secara langsung dua turnamen besar di Tanah Air ini.

"Setelah pandemi, inilah turnamen bulu tangkis terbesar di Tanah Air akan kita gelar kembali dan akan berlangsung di tempat asalnya, yaitu di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta," kata Mimi, lewat siaran pers Humas PP PBSI (8/3).

Menurut Mimi, kehadiran penonton di Istora mesti dibarengi dengan melandainya kasus Covid-19 yang terjadi di Tanah Air. Karena itu, jumlah penonton yang dapat hadir menonton pertandingan secara langsung, sangat bergantung pada aturan pemerintah. "Soal berapa persen penonton yang bisa hadir ke arena, itu tergantung bagaimana aturan pemerintah menyangkut penanggulangan pandemi Covid-19 ini. Kalau tidak bisa 100 persen, mungkin 75 atau 50 persen itu sudah sangat bagus," jelasnya.

"Artinya, memberi kesempatan penonton untuk menikmati pertandingan bulu tangkis kembali. Namun, semuanya itu kita akan patuh dengan aturan pemerintah," Mimi, menambahkan.

Kabar mengenai ajang turnamen Indonesia Masters dan Indonesia Open kembali ke Jakarta muncul setelah pemerintah mengizinkan pertandingan olahraga di wilayah PPKM level 1-3 dapat dihadiri penonton. Ketentuan tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2022 tertanggal 7 Maret 2022.