Tertarik Dengan Kicauan Burung, Ahsan Pelihara Kenari dan Love Bird

Pemain ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan.
Pemain ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Belakangan, ada hal baru yang menarik perhatian pemain ganda putra nomor dua dunia, Mohammad Ahsan. Yaitu memelihara burung kicau. Saat ini, Ahsan diketahui memelihara burung jenis Kenari dan Love Bird. Selain karena identik dengan kicauannya, dua jenis burung tersebut juga terkenal memiliki warna yang indah.

Ketertarikan Ahsan terhadap burung kicau berawal ketika dia mengunjungi rumah temannya. Saat itu Ahsan mendengar kicauan burung di halaman. Singkat cerita, peraih tiga gelar Juara Dunia itu pun punya keinginan untuk memelihara burung di rumahnya.

“Rasanya kok tenang dengar suara burung di halaman rumah. Terus jadi kepengen juga. Terinsipirasinya dari situ. Baru akhirnya kontak koh Herry (Iman Pierngadi) untuk tanya-tanya,” kata Mohammad Ahsan mengutip dari Bolalob.com.

Kepala Pelatih Ganda Putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi memang sudah lama ‘main’ burung kicau. Selain memelihara, pelatih berjuluk Coach Naga Api itu juga diketahui sering mengikuti dan memenangkan kontes burung kicau.

“Sama koh Herry terus dikasih rekomendasi, burung yang tidak begitu susah untuk dirawat. Paling kaya kasih makan sama bersihin kandang. Kata Koh Herry burung kenari aja. Sekarang saya punya empat. Beli di tempat rekomendasi koh Herry dua ekor kenari. Terus kakak saya juga ngasih satu burung kenari dan satu love bird,” ungkapnya.

Karena belum terlalu fasih dan telaten memelihara burung, Ahsan pun bercerita kalau dia sudah langsung kehilangan salah satu peliharaannya itu. “Kemarin juga belum apa-apa udah kejadian. Saya habis ngasih makan terus lupa nutup kandang. Hampir empat jam kali ya, saya tinggal tidur. Untungnya anak saya lihat dan ngasih tau, Babah itu burungnya kabur dari kandang, katanya,” tuturnya.

“Pas saya lihat, tiga kandang pintunya kebuka semua. Satu burung masih di dalam, satu di luar tapi masih nempel di atas kandang, yang satu udah terbang nggak tau kemana, ha ha ha,” sambungnya menambahkan lalu tertawa.

Hal itu pun kemudian dia ceritakan juga ke pelatihnya, Herry. Lalu, Ahsan diberi satu ekor burung Kenari oleh Herry. “Jadi sekarang jumlahnya balik empat lagi. Pas juga kemarin burung-burung peliharaan koh Herry yang di Pelatnas kan mau dibawa pulang semua. Karena libur lebaran, nggak ada karyawan yang bisa bantu urusin burung di sana. Selama libur nanti Pelatnas tertutup buat karyawan, kaya lockdown gitu. Jadi akhirnya saya disuruh bawa burung kenari lagi satu ekor,” tandasnya.