The Minions Huni Daftar Unggulan Teratas di Olimpiade Tokyo 2020

Selebrasi kemenangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia).
Selebrasi kemenangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia).
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah mengumumkan perhitungan ranking kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Pasangan nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tercatat sebagai unggulan teratas di sektor ganda putra pada Olimpiade yang dihelat 23 Juli 2021 mendatang. Sementara wakil dua Jepang dan dua wakil Tiongkok menghuni daftar unggulan teratas di sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran.

Selain The Minions, tim bulutangkis Indonesia juga berhasil meloloskan enam wakilnya. Yakni, Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Jonatan Christie (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri) dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran).

Tapi, dari total tujuh wakil Indonesia yang memastikan tiket ke Olimpiade Tokyo 2020, hanya Kevin/Marcus yang tercatat sebagai unggulan teratas. Mengutip dari Bolalob.com, berikut lima unggulan teratas dari setiap sektor yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

  • Kento Momota (Jepang) – Tunggal Putra

Pemain kelahiran 1 September 1994 ini merupakan salah satu andalan tim Negeri Sakura untuk mendulang medali emas. Sepanjang kariernya, Momota telah mengoleksi dua gelar juara dunia. Yaitu pada 2018 dan 2019. Bersama tim bulutangkis Jepang, Momota juga berhasil membawa pulang Piala Thomas pada 2014 lalu. Dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, Momota berhasil mengumpulkan 105.968 poin dari 11 turnamen yang telah dia ikuti.

  • Chen Yu Fei (Tiongkok) – Tunggal Putri

Chen Yu Fei merupakan pemegang titel juara dunia junior 2016. Sementara di level senior, pebukutangkis tunggal putri nomor dua dunia itu sudah berhasil meraih dua medali perunggu di Kejuaraan Dunia 2017 dan 2019. Dalam daftar rangking dunia, Chen pernah jadi nomor satu pada 2019 lalu. Tapi saat ini, dia berada satu tingkat di bawah tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying. Chen tercatat berhasil mengantongi 96.465 poin pada kualifikasi Olimpiade lewat 15 turnamen.

  • Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) – Ganda Putra

Pasangan Indonesia ini jadi pemain yang berhasil mengumpulkan poin tertinggi pada kualifikasi Olimpiade Tokyo. Yakni dengan raihan 106.853 poin dari 16 turnamen yang mereka ikuti. Kevin/Marcus berhasil mencatatkan namanya sebagai raja turnamen di sektor ganda putra, karena sering sekali jadi juara setiap kali turun bertanding. Mereka berhasil mengoleksi belasan gelar dari rangkaian turnamen BWF World Tour. The Minions juga berhasil meraih medali emas Asian Games yang berlangsung di Jakarta, pada 2018 lalu.

  • Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) – Ganda Putri

Fukushima/Hirota menjadi salah satu pasangan yang memperkuat tim bulutangkis Jepang saat memenangkan Piala Uber 2018 dan medali emas beregu putri Asian Games 2018 lalu. Keduanya juga tercatat berhasil mengantongi 11 titel juara pada BWF World Tour. Pada rangking kualifikasi Olimpiade, Fukushima/Hirota berhasil mengamankan 95.108 poin dari 18 turnamen mereka ikuti.

  • Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok) – Ganda Campuran

Di sektor ganda campuran, Zheng/Huang menduduki posisi teratas rangking kualifikasi Olimpiade. Mereka membukukan 105.802 poin dari 13 turnamen yang diikuti. Mereka juga berhasil menjadi juara dunia sebanyak dua kali pada 2018 dan 2019. Zheng/Huang juga mengantongi medali emas Asian Games 2018 dan memperkuat tim bulutangkis Tiongkok dalam merebut Piala Sudirman 2019.