Thomas Uber Cup 2016 Tanpa Persiapan Khusus

Thomas Uber Cup 2016 Tanpa Persiapan Khusus
Nasional ‐ Created by BAZ

JAKARTA - Tim Indonesia tanpa persiapan khusus jelang Piala Thomas-Uber 2016 di Khunsan, Tiongkok 15-22 Mei 2016. Namun, persiapan sudah mencapai 100 persen di mana kini sudah masuk dalam tahap pemulihan kebugaran fisik, fokus dan konsentrasi para pemain.

Tim Manajer Tim Piala Thomas dan Uber, Rexy Mainaky menyebut, tahap persiapan khusus itu dilewati para atlet melalui pertandingan di turnamen yang diikuti. Pasalnya, waktu untuk persiapan khusus itu bertepatan dengan pengumpulan poin Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Hal itu membuat PP PBSI kesulitan untuk bisa mengatur waktu persiapan khusus dan simulasi. Kejuaraan Asia Bulutangkis di Wuhan, Tiongkok dua pekan lalu pun jadi lahan persiapan tersebut. Hasilnya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus puas sebagai runner up, sedangkan Greysia Polii/Nitya Krishina Maheswari terhenti di babak semifinal.

"Saat ini kami masuk dalam pembenahan akhir, pemulihan kebugaran fisik, fokus dan konsentrasi. Kekompakan tim sudah kami lakukan. Pelatih juga sudah menganalisa dan melakukan yang terbaik sejauh ini," ujar Rexy yang juga Kabid Binpres PP PBSI tersebut.

Menurut Rexy, hasil di babak kualifikasi Piala Thomas-Uber di Hyderabad, India juga sudah bisa untuk menganalisis strategi yang digunakan. Termasuk hasil di Kejuaraan Asia di mana lawan yang bakal di hadapi sama dengan di Kunshan nantinya.

Di Tim Thomas misalnya, dengan sejarah 13 kali menjadi juara ditambah kemenangan atas juara bertahan Piala Thomas, Jepang di Kejuaraan Asia Beregu adalah bukti kekuatan nyata Hendra Setiawan dan kawan-kawan. Keyakinan kuat dalam diri pemain didukung motivasi dari jadi modal utama kekuatan Tim Thomas Indonesia nantinya.

Saat ini, Rexy menjelaskan, pihaknya meminta para pemain untuk fokus menjadi juara di Grup B terlebih dahulu. Mengingat saat ini tim pelatih sudah mengantongi kelebihan masing-masing sambil menunggu hasil drawing di babak perempat final untuk menentukan strategi dan taktik yang akan didiskusikan kemudian bersama pemain, pelatih dan tim pendukung lainnya.

Tim Thomas masuk ke dalam Grup B bersama India, Thailand dan Hongkong. Indonesia diperkuat Tommy Sugiarto, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Ihsan Maulana Mustofa di nomor tunggal. Hendra Setiawan sebagai kapten tim tetap akan berpasangan dengan Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mengisi slot nomor ganda.

Sementara Tim Uber berada di Grup C bersama Thailand, Bulgaria dan Hongkong. Nomor tunggal dihuni Maria Febe Kusumastuti, Fitriani, Hanna Ramadini dan Gregoria Mariska. Sedangkan di nomor ganda Greysia Polii rencananya akan dipasangkan dengan Tiara Rosalia Nuraidah usai absennya Nitya Krishinda Maheswari akibat cedera, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani serta pasangan Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari.

sumber photo : @INABadminton