YIMO 2022 - Menanti Kejutan dari Lembah Tidar

Calvin Kennedy Chendrawinata (Djarum Badminton)
Calvin Kennedy Chendrawinata (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Magelang | Sejumlah klub yang mengikuti perhelatan Yuzu Isotonic Magelang Open 2022 menempatkan para pemain unggulan mereka di berbagai kelompok usia. Namun, pihak penyelenggara dari kejuaraan yang berlangsung di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, 12-17 September, ini memperkirakan, bakal memunculkan berbagai kejutan dari para pemain non unggulan.

"Di atas kertas, para pemain unggulan lebih banyak menguasai pertandingan babak-babak akhir. Namun, sering pula terjadi kejutan-kejutan dari pemain bukan unggulan," kata Ketua Panitia Pelaksana YIMO 2022 Eddy Prayitno, melalui siaran persnya, Senin (12/9).

"Kerja keras, ketekunan dan keuletan para pemain dalam latihan maupun pertandingan akan menjadi faktor penentu untuk menjadi yang terbaik," tambahnya.

PB Djarum, salah satu klub yang berlaga di kejuaraan ini, memiliki Syalma Nurwijaya Kusuma di kelompok usia U-15 yang menjadi unggulan pertama di nomor tunggal pemula putri. Atlet kelahiran 21 Mei 2009 ini, adalah semifinalis nomor tunggal pemula putri Sirkuit Nasional (Sirnas) DKI Jakarta 2022.

Syalma tidak hanya berprestasi di nomor tunggal, melainkan juga di nomor ganda pemula putri. Pada YIMO 2022, Syalma berduet dengan rekannya, Jesslyn Carrisia, yang didaulat sebagai unggulan kedua ganda pemula putri. Sedangkan unggulan pertama ditempati rekan Jesslyn/Syalma di klub PB Djarum, Nafina Addin Audina/Risfina Meyizza Tommzhu, semifinalis Sirnas Sumatera Utara 2022.

Sementara di kelompok U-15 putra, tiga atlet PB Djarum juga menjadi unggulan pertama hingga ketiga, yakni Calvin Kennedy Chendrawinata sebagai unggulan pertama, Yudha Rendra Wijaya sebagai unggulan kedua, dan Fathan Nugraha Mulyawan sebagai unggulan ketiga.

Pada kelompok U-13, atlet PB Djarum unggulan yang diterjunkan adalah Alif Akbar dari kategori tunggal putra serta Bethary Dinda Annisa dan Shafira Atha Azzalia menempati unggulan satu ganda putri. Sementara, di kelompok usia U-11 terdapat nama Ghoffur Dermawan Wicaksono yang siap adu strategi dengan pemain unggulan lainnya.

Kategori dan kelompok usia yang dipertandingkan YIMO 2022 berbeda dengan tahun lalu yang mempertandingkan 24 kategori dari kelompok usia dewasa, taruna (U-19), remaja (U-17), pemula (U-15), anak-anak (U-13) dan usia dini (U-11).

Hingga kini, total pendaftar mencapai 450 peserta untuk seluruh kategori yang telah mendaftar dari 10 Agustus hingga 3 September 2022. Beberapa klub besar pun turut ambil bagian dalam turnamen ini di antaranya PB Djarum, PB Jaya Raya, PB Nusantara, PB Tangkas, hingga PB PMS Solo.