Liliyana Natsir dan Memori Indah di GOR Djarum Jati

Nasional - 07.08.2017 17:59 Oleh: RR
GOR Djarum Jati, Kudus

GOR Djarum Jati, Kudus (foto: PB Djarum)

Beberapa waktu lalu tim ganda campuran Indonesia yang dipimpin oleh Richard Mainaky melakukan training center di GOR Djarum Jati, Kudus. Richard membawa anak asuhnya yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto untuk berlatih di Kudus. Namun, bagi seorang Liliyana Natsir, training center di GOR Djarum Jati kemarin lebih dari sekedar training center karena disana ia dan Tontowi Ahmad memiliki sebuah kenangan indah.

Hampir satu tahun lalu, GOR Djarum Jati menjadi saksi bisu perjuangan para pebulutangkis terbaik Indonesia saat melakukan training center jelang Olimpiade Rio 2016. Hasilnya tidak sia-sia, tradisi medali emas cabang bulutangkis Indonesia di Olimpiade pun kembali terwujud. Kali ini Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad yang mampu mengumandangkan lagu Indonesia Raya sekaligus memberikan sebuah kado istimewa di Hari Ulang Tahun Indonesia ke-71. Tentu hal tersebut bukan sebuah pencapaian yang mudah. Perlu sebuah perjuangan dan juga pengorbanan.

Penyambutan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Saat Meraih Medali Emas Olimpiade Rio 2016. (foto: PBSI)

Setahun berselang, tim ganda campuran Indonesia kembali melakukan training center di GOR Djarum Jati. Namun kali ini dalam rangka persiapan jelang World Badminton Championships (WBC) 2017 di Glasgow, Skotlandia, yang berlangsung pada 21 hingga 27 Agustus 2017 mendatang. Liliyana Natsir berharap jika mereka mampu kembali memberikan 'kado' di Hari Ulang Tahun kemerdekaan Indonesia yakni medali emas di WBC 2017.

"Khususnya bagi saya dan Owi punya kesan dan kenangan yang indah saat berlatih di Kudus ini. Karena persiapan sebelum Olimpiade juga latihan disini dan hasilnya medali emas. Untuk itu kami kembali kesini dengan harapan bisa memberikan medali emas di Kejuaraan Dunia 2017 di Glasgow," ungkap Liliyana Natsir kepada Djarum Badminton.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Podium Juara BWF World Championships 2013. (foto: PBSI)

Sementara itu, tahun ini menjadi penampilan ke 10 bagi seorang Lilyana Natsir di ajang WBC. Liliyana Natsir pertama kali ikut serta di ajang WBC pada tahun 2003. Kala itu, ia tampil di nomor ganda putri bersama Sukma Wijaya Devi.

Liliyana Natsir juga pernah mencicipi titel juara pada ajang tersebut sebanyak tiga kali. Pada tahun 2005, ia meraih gelar WBC pertamanya di nomor ganda campuran bersama Nova Widianto. Gelar selanjutnya hadir pada tahun 2007 masih bersama Nova Widianto kala itu. Enam tahun berselang tepatnya pada tahun 2013, ia kembali naik ke podium tertinggi namun kali ini bersama Tontowi Ahmad.

Butet (sapaan akrab Liliyana Natsir) juga menjelaskan tentang persiapan dan tergetnya di World Badminton Championships kali ini. "Persiapan sudah cukup bagus, paling tinggal jaga kondisi lutut dan kesehatan saja jangan sampe sakit jelang Kejuaraan Dunia," jelasnya.

"Kalo untuk target sendiri saya ingin main sebaik dan semaksimal mungkin, tetap enjoy dan menikmati pertandingan," tutup Liliyana Natsir.

 

Daftar Pemain Indonesia ke Kejuaraan Dunia 2017:

Tunggal Putra:

  • Anthony Sinisuka Ginting
  • Tommy Sugiarto

Ganda Putra:

  • Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
  • Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi
  • Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro

Ganda Campuran:

  • Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
  • Praveen Jordan/Debby Susanto

Foto Terbaru

Video Terbaru

  • H6 : Highlight Djarum Sirkuit Nasional Premier Jawa Barat Open 2017
  • H6 : Ade Bagus S/Alan Muhammad A (Exist Jakarta) VS Forverio Rivaldo/Viorel Joan F (Djarum Kudus)
  • H6 : Melani Mamahit/Putri Larasati (Exist Jakarta) VS Nita Violina/Putri Syaikah U (Exist Jakarta)