(Olimpiade Rio 2016) Ahsan/Hendra Menang di Laga Perdana

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
photo: @INABadminton
Olimpiade ‐ Created by TIF

RIO DE JANEIRO - Tampil perdana di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil melewati rintangan pertama di Grup D ganda putra. Hadapi wakil India, Manu Attri/Sumeeth Redyy B, peringkat dua dunia itu menang mudah 21-18, 21-13 di Riocentro - Pavillion 4, Kamis (11/8).

Pertemuan di Olimpiade ini jadi kali keempat buat kedua pasangan. Ahsan/Hendra menang di tiga pertemuan sebelumnya di mana kualifikasi Piala Thomas di Hyderabad, India jadi pertemuan terakhir, Februari lalu.

Di awal game, Ahsan/Hendra sempat keteteran menghadapi pasangan India yang kini bertengger di peringkat 21 BWF itu. Ahsan juga tampil begitu agresif sehingga beberapa kali melakukan kesalahan yang membuahkan poin buat lawannya.

"Baru di set kedua mereka bermain sesuai dengan arahan. Mungkin di set pertama mereka masih penyesuaian ditambah angin yang cukup kencang di lapangan, " sebut pelatih nasional ganda campuram, Herry IP.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Photo by : Badminton Photo)

Selanjutnya, Ahsan/Hendra akan menghadapi wakil ganda Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, Jumat (12/8) waktu setempat. Menanti lawan selanjutnya, yakni wakil Tiongkok, Chai Biao/Hong Wei pada laga kedua mereka di Grup D, Sabtu (13/8) waktu setempat.

Ahsan/Hendra menjadi salah satu ujung tombak Indonesia dalam perburuan medali emas Olimpiade. Seperti diketahui, bulutangkis ditarget dua medali emas di Rio de Janeiro 2016 sekaligus mengembalikan tradisi emas Olimpiade ke Tanah Air.

Ahsan/Hendra jadi wakil Indonesia pertama yang tampil di hari pertama gelaran cabang bulutangkis Olimpiade. Hingga berita ini diturunkan, tiga pasangan Indonesia lainnya masih melakoni laganya.

Mereka adalah ganda putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari yang tergabung di Grup C. Disusul laga ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Sementara satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto akan tampil perdana, Jumat (12/8). Begitu juga Linda Wenifanetri di nomor tunggal putri.