(Olimpiade Rio 2016) Langkah Tommy Sugiarto Menuju Babak 16 Besar

Tommy Sugiarto
Tommy Sugiarto
Olimpiade ‐ Created by TIF

RIO DE JANEIRO - Menang meyakinkan, pebulutangkis tunggal putra Tommy Sugiarto melaju ke babak 16 besar Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Tommy menempati posisi puncak klasemen grup J dengan meraih dua kemenangan.

Kemenangan pertama dibukukan Tommy atas Howard Shu (Amerika Serikat), 21-14, 21-10. Pada pertandingan hari ini, Minggu (14/8), Tommy kembali memetik kemenangan dari Osleni Guerrero (Kuba), dengan skor 21-12, 21-14.

Tommy yang merupakan unggulan ketujuh, memang semestinya memenangkan pertandingan ini. Jika melihat kelas dan peringkat lawan, Tommy masih jauh lebih unggul.

Di pertandingan kali ini, Tommy memang tampil dominan. Di game pertama, Tommy unggul jauh hingga 16-10. Guerrero terus berusaha membelah pertahanan Tommy dengan banyak smash keras, namun tampaknya Tommy sudah mengantisipasi hal ini.

Pada game kedua, Guerrero lebih memberikan perlawanan. Kali ini ia mampu memperkecil ketertinggalannya dari Tommy yang merupakan peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2014.

"Guerrerro adalah pemain yang cukup bagus, dia mengalahkan Howard Shu dengan skor jauh. Tommy bisa menjalankan strategi, tapi di tengah permainan dia lengah. Lawan punya cover lapangan yang bagus. Tommy banyak menyerang ke badan lawan, kami memang sudah mempelajari, ini jadi titik lemah yang bisa diincar,” ungkap Toto Sunarto, pelatih Tommy.

Tommy masih menunggu calon lawan yang akan dihadapinya pada babak 16 besar. Pemenang grup I, antara Rajiv Ouseph (Inggris Raya) atau Sho Sasaki (Jepang), akan menjadi lawan Tommy di perebutan tempat semifinal.

Kalau ditanya mau ketemu siapa, siapapun kami siap. Baik Ouseph atau Sasaki, keduanya pemain-pemain yang bagus. Persiapannya lebih fokus ke recovery dan menunggu jadwal pertandingan selanjutnya. Sejauh ini penampilan Tommy sudah lumayan, permainannya sudah keluar,” tambah Toto.


Small Banners