Inilah Lima Kuliner Khas Purwokerto Yang Wajib Dicoba

Sirkuit Nasional, Luar Arena - 12.03.2018 16:45 Oleh: AH
Para Atlet Sedang Menikmati Sajian Khas Kota Purwokerto Dalam Acara Gala Dinner Yang Berlangsung Kemarin Malam (11/3)

Para Atlet Sedang Menikmati Sajian Khas Kota Purwokerto Dalam Acara Gala Dinner Yang Berlangsung Kemarin Malam (11/3).

Purwokerto jadi persinggahan pertama rangkaian Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) 2018. Selain menjadi pembuka Djarum Sirnas tahun ini, Kota Purwokerto pun untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Djarum Sirnas Jawa Tengah Open (Jateng).

Tentunya banyak atlet-atlet peserta dari berbagai klub penjuru tanah air baru pertama kalinya berkunjung ke kota ini, dan bertanya apa saja kuliner yang menarik dan wajib dicoba disela-sela bertanding? Dan inilah lima kuliner khas Purwokerto yang bisa dikunjungi peserta Djarum Sirnas Jateng 2018 versi Djarum Badminton. Dan tentunya rekomendasi lima makanan ini letaknya tak jauh dari GOR Satria, yang merupakan tempat berlangsungnya turnamen.

1. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan (Foto: infokuliner.com)

Mungkin bagi sebagian atlet peserta Djarum Sirnas Jateng 2018, tempe mendoan sudah tak asing lagi karena makanan khas Purwokerto ini sudah banyak dijual di kota-kota lainnya. Namun menikmati tempe mendoan di kota asalnya tentunya sangat menarik. Jika beminat, bisa mengunjungi pedagangnya yang berjualan di area parkir GOR Satria

2. Es Duren Kombinasi Pak Kasdi

Es Duren Kombinasi Pak Kasdi (Foto: ohelterskelter.com)

Yang kedua, Es Duren Kombinasi Pak Kasdi. Es Duren ini sudah terkenal sekali enaknya bahkan menjadi tujuan wajib bagi wisatawan jika berkunjung ke Purwokerto. Dan yang paling beruntung, tempat ini berada tepat di sebrang GOR Satria.

3. Sroto

Sroto (Foto: triptrus.com)

Makanan ini hampir serupa dengan soto campur seperti biasanya. Namun yang membedakan, Sroto biasanya dicampurkan dengan krupuk warna-warni yang sudah diremukan. Selain itu Sroto pun bisa ditambahkan dengan bumbu kacangnya yang khas. Ada dua pilihan daging sapi atau daging ayam. Untuk tempat yang bisa dikunjungi pun ada beberapa pilihan dengan cita rasa yang hampir sama. Yang paling dekat GOR Satria terletak di Jalan Bang percis dekat dengan Stasiun Purwokerto.

4. Umaeh Inyong

Restoran Umaeh Inyong. (Foto: www.infomakan.com)

Umaeh Inyong merupakan rumah makan dengan konsep klasik atau tradisional yang kental dengan cita rasa khas Banyumas. Disini tersedia berbagai ragam menu pilihan khas Banyumas. Jarak dari GOR Satria pun tak terlalu jauh, kurang lebih sekitar 2 KM kita bisa langsung tiba di tujuan.

5. Keripik Tempe

Keripik Tempe. (Foto: triptrus.com)

Selain mendoan yang berbahan dasar tempe, ternyata ada satu makanan lagi khas Purwokerto yang berbahan dasar tempe, yakni keripik tempe. Dengan irisan tipis membuat kripik tempe ini menjadi sangat renyah. Konon, Kripik ini menjadi salah satu makanan favorit yang dijadikan oleh-oleh bagi warga setempat yang akan melancong keluar kota maupun luar negri. Nah yang satu ini nampaknya selain bisa langsung di nikmati oleh para peserta Dajrum Sirnas kali ini, juga bisa dijadikan oleh-oleh ketika nanti pulang ke daerah asal masing-masing.

Itulah 5 kuliner khas Purwokerto yang bisa dikunjungi peserta Djarum Sirnas Premier Jateng Open 2018 versi Djarum Badminton.

Foto Terbaru

Video terbaru

  • H6 : Gabriela Moningka (Interview Juara Tunggal Dewasa Putri)
  • H6 : Sheila Dinda Kurniawan (Djarum Kudus) VS Saifi Rizka Nurhidayah (Mutiara Cardinal Bandung)
  • H6 : Putri Andini Wahyuningrum/Rayhan Vania Salsabila (Mutiara Cardinal Bandung) VS Fauzia Kartikasari/Helena Ayu Puspitasari (Djarum Kudus)