Sirnas 2023 Bergulir di 12 Kota

Atlet tunggal putri PB Djarum Jolin Angelia pada Sirkuit Nasional A Purwokerto, Jawa Tengah (Djarum Badminton)
Atlet tunggal putri PB Djarum Jolin Angelia pada Sirkuit Nasional A Purwokerto, Jawa Tengah (Djarum Badminton)
Sirkuit Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ajang kejuaraan bulu tangkis Sirkuit Nasional (Sirnas) kembali bergulir di Tanah Air. Sirnas 2023 bakal menyambangi 12 kota untuk mencari bibit-bibit pebulu tangkis muda potensial. Total ada 13 seri Sirnas 2023 yang secara bergantian digelar di Bandung, Batam, Purwokerto, Denpasar, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Tangerang, Pangkalpinang, DKI Jakarta, Palembang, dan Pekanbaru.

"Di tahun ini total ada 13 seri Sirkuit Nasional yang bakal digelar terdiri dari lima Sirnas A, enam Sirnas B, satu Sirnas C, dan ditutup dengan satu Sirnas Premier di DKI Jakarta. Selain itu, DKI Jakarta juga dipercaya untuk menggelar Sirnas A," jelas Kepala Bidang Turnamen dan Perwasitan PP PBSI Mimi Irawan.

"Jumlah seri tahun ini memang bertambah dibanding tahun 2022. Tahun lalu kami hanya menggelar delapan seri Sirnas, tahun ini bertambah lima seri. Itulah mengapa bulan Februari sudah start," Mimi, menambahkan.

Selain penunjukkan kota-kota baru, lanjut Mimi, beberapa kota yang tahun lalu menjadi tuan rumah ada yang digantikan sebagai bentuk pemberian kesempatan kota-kota lain yang juga sudah siap. Baik secara akomodasi maupun fasilitas di arena. "Tahun ini, Medan, Palangkaraya, dan Kendari, tidak lagi menjadi tuan rumah. Kami memberikan kesempatan kepada kota-kota lain yang sudah siap untuk menggantikannya," ujarnya.

"Penunjukan kota pelaksana, pastinya atas dasar survei PP PBSI. Kota-kota tersebut harus memiliki akomodasi dan fasilitas GOR yang layak," tambah Mimi.

Sirnas 2023 memiliki misi untuk terus menjalankan roda regenerasi atlet bulu tangkis Indonesia. Target yang disasar sudah barang tentu adalah atlet potensial yang menunjukkan prestasi, yang kelak bisa bergabung ke pelatnas. "Sirnas di antaranya merupakan ajang mencari atlet untuk regenerasi masa depan. Targetnya adalah melahirkan atlet-atlet potensial yang menunjukkan prestasi, yang kelak bisa menjadi atlet nasional," paparnya.

"Dalam jangka yang lebih panjang, saya berharap Sirnas dapat membawa pembinaan di klub-klub secara terus berkesinambungan. Lalu, dapat mengasah kemampuan atlet-atletnya di ajang ini," demikian Mimi.

Berikut jadwal Sirnas 2023:
1. Sirnas A di Bandung, 6-11 Februari
2. Sirnas B di Batam, 20-25 Februari
3. Sirnas A di Purwokerto, 6-11 Maret
4. Sirnas B di Denpasar, 8-13 Mei
5. Sirnas A di Surabaya, 22-27 Mei
6. Sirnas B di Banjarmasin, 26 Juni-1 Juli
7. Sirnas B di Makassar, 24-29 Juli
8. Sirnas A di Banten, 7-12 Agustus
9. Sirnas B di Pangkalpinang, 9-14 Oktober
10. Sirnas A di DKI Jakarta, 6-11 November
11. Sirnas C di Palembang, 20-27 November
12. Sirnas B di Pekanbaru, 4-9 Desember
13. Sirnas Premier di DKI Jakarta, 11-16 Desember