Sirnas A Jakarta 2022 - Siapa Pun Lawan, Tetap Musuh

Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma (Djarum Badminton)
Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma (Djarum Badminton)
Sirkuit Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putri PB Djarum Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma sudah bertemu banyak lawan dari berbagai negara. Lawan berumur di atas atau sepantar asal Eropa, Asia, hingga rekan senegara atau satu klub, tetap mereka anggap selaku musuh di lapangan yang mesti dikalahkan. Begitu pula ketika Bernadine/Titis berlaga di Sirkuit Nasional (Sirnas) A Jakarta 2022 pada Sabtu (23/7) di Gelanggang Remaja Tanjung Priok.

Turun di kategori Ganda Taruna Putri, Bernadine/Titis mengatasi perlawanan pasangan sesama klub yang merupakan unggulan kedua, Assyifa Rizki Rahayu/Puspa Rosalia Damayanti. Juara Ganda Remaja Putri pada Yuzu Isotonic Wali Kota Solo 2022 ini menang straight games 21-12, 22-20 dalam tempo 32 menit.

"Melawan teman-teman sendiri, kita sudah tahu dan mengerti polanya. Begitu pula dengan mereka," kata Bernandine, menanggapi laga final pada Sirnas A Jakarta 2022 tersebut.

"Tapi, kami sempat lengah (pada gim kedua). Sempat panik, meski nggak panik banget," Bernadine menambahkan.

Bagi Titis, berhadapan dengan rekan-rekan satu klub tak jauh beda saat bertanding dengan lawan-lawan asal klub lain maupun negara lain. "Kalau jadi lawan, ya tetap musuh," katanya.

Sementara, menurut Bernadine, setiap lawan yang akan dihadapi di setiap pertandingan, perlu dipelajari dengan baik dan detail sebelum berlaga. "Ada sisi keunggulan dari lawan-lawan orang Eropa, yang cenderung doyan menyerang. Dari situ kita harus pelajari bagaimana menghadapi mereka," ungkapnya.

"Lawan-lawan dari Indonesia, juga memiliki cara bermain yang jauh berbeda dengan lawan-lawan dari Eropa bahkan Asia. Jadi, setiap sebelum bertanding, persiapan itu penting bagi kami berdua," demikian Bernadine.