Jepang Curi Satu Gelar

Mahiro Kaneko/Yunosuke Kubota
Mahiro Kaneko/Yunosuke Kubota. (Foto: PBSI)
World Junior Championship ‐ Created by AH

Gelar ganda putra di ajang Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017 berhasil dicuri oleh Jepang, setelah andalannya pasangan Mahiro Kaneko/Yunosuke Kubota mampu menudukkan wakil Tiongkok, Di Zijian/Wang Chang, dengan 21-14, 15-21 dan 21-13 di final yang berlangsung sore tadi, Minggu (22/10) di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Kekuatan andalan kami adalah smash yang kencang. Pemain Tiongkok itu kuat, tapi itu menjadi tantangan dan motivasi kami untuk memenangkan pertandingan,” ungkap Kaneko.

Hasil yang didapat Kaneko/Kuboka di turnamen ini pun juga sekaligus mencetak sejarah baru bagi Jepang di Indonesia. Pasalnya, mereka berhasil menjadi WJC ganda putra pertama yang berasal dari Jepang.

Sebelumnya, catatan serupa juga ditorehkan Kunlavut Vitidsarn. Kunlavut menjadi juara dunia tunggal putra pertama yang berasal dari Thailand.

Rasanya senang sekali karena bisa menjadi juara dunia. Karena sebelumnya ganda putra Jepang belum ada yang pernah jadi juara,” kata Kubota.

Hasil ini menjadikan Jepang menambah satu medali lagi di ajang WJC tahun ini. Sebelumnya, dua perunggu dari tunggal putra, dan beregu campuran.