Tiongkok Jadi Lawan Indonesia di Perempat Final

Zhengze Gao
Zhengze Gao. (Foto: PBSI)
World Junior Championship ‐ Created by AH

Tiongkok berhasil memastikan diri melaju ke babak perempat final Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017, setelah pada laga terkhir penyisihan group G, tim Negeri Tirai Bambu ini sukses menaklukkan Taiwan. Dengan hasil ini, Tiongkok berhasil menjadi juara Group G dan bakal menjadi lawan Indonesia yang sudah lebih dulu menjadi juara group H, di babak perempat final besok, Kamis (12/10).

Meski Tiongkok menang dengan 4-1, namun pertandingan tadi berjalan dengan cukup sengit. Taiwan yang lebih diunggulkan dari Tiongkok, sempat memberikan perlawanan, dan cukup membuat wakil-wakil Tiongkok kewalahan.

Di pertandingan pertama yang mempertemukan ganda camnpuran, setelah melalui pertarungan yang sengit, akhirnya pasangan Tiongkok yang diwakili pasangan Fan Qiuyue/Liu Xuanxuan, berhasil menyudahi perlawanan wakil Taiwan, Chia Hao Lee/Teng Chun Hsun, dengan kemenangan 21-17 dan 21-18.

Begitupun di partai kedua tunggal putra. Wakil Tiongkok Zhengze Gao, harus bertarung selama tiga game terlebih dahulu melawan wakil Taiwan, Lin Chun-Yi, hingga akhirnya berhasil menang dengan 21-8, 16-21, dan 21-13. Selanjutnya Tiongkok yang menurunkan andalannya di tunggal putri, Han Yue, mampu menjadi penentu keberhasilannya lolos ke perempat final. Sempat menerima perlawanan atas Lin Jhih Yun, namun juara Asia Junior Championships (AJC) 2017 itu akhirnya berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan 21-13 dan 21-18.

Saat beberapa kali ketinggalan angka atas lawan, saya selalu berusaha untuk bisa mengejar ketertinggalan itu, dan saya rasa lawan yang saya hadapi tadi pun cukup sulit,” ungkap Han.

Satu poin Taiwan berhasil dicuri oleh wakil keempat, ganda putra. Dimana pasangan Lu Chen/Ye Hong Wei, meskipun kemenangannya sudah tak berpengaruh untuk lolos ke babak perempat final, namun mereka mampu tampil cemerlang dan berhasil mengalahkan andalan Tiongkok, Di Zijian/Wang Chang dengan 21-17 dan 22-20. Di partai terakhir yang memainkan ganda putri, Tiongkok kembali mencuri poin setelah wakilnya Liu Xuanxuan/Yuting Xia, mampu menjegal Li Zi Qing/Teng Chun Hsun dengan 21-11 dan 21-17.

Walaupun pertandingan tadi kami menang, tapi pada dasarnya pertandingan berlangsung cukup ketat, karena kualitas tim kami dan Taiwan kurang lebih sama,” ungkap Zhu Weilun, salah satu pelatih Tiongkok.

Sementara itu, Zhu pun mengungkapkan, jika tim nya akan lebih waspada lagi menghadapi pertandingan besok melawan Indonesia.

Indonesia bukan tim yang biasa saja, hampir disetiap sektor mereka punya pemain yang berkualitas. Jadi untuk besok, kami harus berusaha dan berjuang mendapatkan poin dari setiap sektor. Meskipun tidak 100 persen yakin untuk bisa memenangkan pertandingan besok, tapi kami akan berusaha semaksimal mungkin, dan bakal memberikan tontonan yang menarik,” jelasnya.

Yang menarik di pertandingan besok, salah satunya adalah partai tunggal putri. Dimana kemungkinan besar akan mempertemukan andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, kontra Han Yu.

Jika saya bertemu dengan Gregoria dipertandingan besok, tentunya dia bukan lawan yang gampang. Jadi saya akan besusaha menyiapkan sebaik-baiknya untuk pertandingan besok,” tutup Han.

Berikut hasil pertandingan Taiwan VS Tiongkok:

  • XD: Chia Hao Lee/Teng Chun Hsun VS Fan Qiuyue/Liu Xuanxuan 17-21 18-21
  • MS: Lin Chun-Yi VS Zhengze Gao 8-21 21-16 13-21
  • WS: Lin Jhih Yun VS Han Yue 13-21 18-21
  • MD: Lu Chen/Ye Hong Wei VS Di Zijian/Wang Chang 21-17 22-20
  • WD: Li Zi Qing/Teng Chun Hsun VS Liu Xuanxuan/Yuting Xia 11-21 17-21